DetikNews
Selasa 05 April 2016, 00:15 WIB

Batik Air Sudah Dievakuasi, Landasan Bandara Halim Masih Dibersihkan

Elza Astari Retaduari - detikNews
Batik Air Sudah Dievakuasi, Landasan Bandara Halim Masih Dibersihkan Pesawat Batik Air yang tertabrak pesawat TransNusa di Bandara Halim. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pesawat Batik Air bertabrakan dengan pesawat TransNusa di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Saat ini dua pesawat tersebut sudah dievakuasi keluar dari landasan pacu (runway).

"Runway masih dalam proses pembersihan. Tapi pesawat sudah dievakuasi dari runway," ungkap Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Agus Haryadi saat dihubungi detikcom, Senin (4/4/2016) malam.

Saat ini status Bandara masih ditutup. Beberapa rute penerbangan masih tertunda.

"Ada beberapa flight yang masih delay. Termasuk dua penerbangan Citilink," jelas Agus.

Agus tidak bisa memastikan waktu dibukanya landasan dan operasi penerbangan di Bandara Halim. Untuk sementara, sejumlah penerbangan yang menuju Halim dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Masih close sampai estimasinya pukul 24.00. Ada atau tidak ada penerbangan nanti, harus dicabut status ditutupnya karena tadi kita sudah nyatakan close," ucapnya.

"Ada 5 pesawat Citilink, kita divert (kedatangan) ke Cengkareng, jadi kita alihkan," lanjut Agus.

Saat ini pihak KNKT sudah berada di lokasi untuk melakukan penyelidikan kecelakaan yang melibatkan dua pesawat tersebut. Informasi yang didapat Agus sementara, Pesawat Batik Air sebenarnya sudah mendapat clearance untuk take off dari pihak AirNav.

"Ternyata masih ada pesawat yang posisinya ditowing (ditarik) dari pron menuju ke hanggar, artinya ada 2 pesawat di runway. Tapi kita tunggu investigasi KNKT," tutupnya.



(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed