detikNews
Senin 04 April 2016, 18:04 WIB

Achmad Noe'man, 'Arsitek Seribu Masjid' Tutup Usia di RS Borromeus Bandung

Baban Gandapurnama - detikNews
Achmad Noeman, Arsitek Seribu Masjid Tutup Usia di RS Borromeus Bandung Suasana di RS Santo Borromeus Kota Bandung (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung -

Kabar duka datang dari Kota Bandung. Tokoh arsitek Indonesia kaliber dunia, Achmad Noe'man, tutup usia di RS Santo Borromeus Kota Bandung lantaran sakit. Pria berjuluk sang arsitek seribu masjid ini fenomenal karena memelopori desain masjid tanpa kubah, salah satunya Masjid Salman.

Achmad lahir di Garut 10 Oktober 1925. Pria empat anak tersebut meninggal pada usia 90 tahun. Berdasarkan keterangan Fauzan Noe'man, salah satu anak Achmad, bapaknya tersebut menghembuskan nafas terakhir di salah satu kamar Ruang Yosep, RS Santo Borromeus, Jalan Djuanda (Dago), Kota Bandung, Senin (4/4/2016), sekitar pukul 15.45 WIB.

"Sakitnya bapak ini karena faktor umur. Memang bapak ada infeksi paru-paru dan sakit jantung. Pada usianya seperti ini, kata dokter bilang kondisi bapak masih baik. Ya jadi, sakitnya karena usia," ujar Fauzan saat berbincang bersama detikcom di RS Borromeus.

Achmad masuk RS Borromeus sejak dua pekan lalu. Selama itu ia menjalani perawatan.

Siang tadi, sekitar pukul 11.00 WIB, Fauzan masih berkomunikasi dengan Achmad. "Tadi bapak masih ketawa-ketawa. Lalu yang sempat pergi karena ada keperluan," kata Fauzan.

Namun sekitar pukul 13.00 WIB, suara dering telepon genggam Fauzan berbunyi. Saat itu kakak Fauzan yang tengah menjaga Achmad memintanya untuk segera ke RS Borromeus. "Kakak saya menelepon, terus menyuruh saya datang. Emergensi, katanya. Kemudian tadi bapak 'diambil' Allah," ujar Fauzan singkat.

Keluarga dan sejumlah kerabat mendiang Achmad berdatangan ke rumah sakit. Pada pukul 16.55 WIB, jenazah Achmad keluar Ruang Yosef lantai lima untuk dibawa ke rumah duka di Jalan Karanglayung No.10, Kota Bandung.

Masjid Salman ITB merupakan karyanya yang pertama. Setelah itu, ia aktif menjadi arsitek berbagai masjid di Indonesia lainnya, bahkan di dunia. Tercatat Masjid Raya Pati, Masjid Taman Ismail Marzuki Jakarta, Masjid Al-Ghifari IPB Bogor, Masjid PT Pupuk Kujang, Masjid Al-Furqan UPI Bandung, dan Masjid Komplek Perumahan Pramuka Cibubur Jakarta merupakan beberapa buah karyanya.

Karya Noe'man lainnya adalah Masjid Attin yang dibangun untuk mengenang Tien Soeharto dan Masjid Al-Markaz al-Islami di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan.

Di luar negeri, Noe'man tercatat juga sebagai perancang mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina pada 1993 hingga 1994. Dia juga perancang Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan. Karya lainnya adalah Masjid Muhammad Suharto di Sarajevo Bosnia, sebuah karya monumental dari bangsa Indonesia yang cukup mengguncang dunia kala itu.


(bbn/try)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com