DetikNews
Senin 04 April 2016, 11:48 WIB

Penumpang KRL Antusias Jajal Bus Feeder TransJ di Stasiun Tebet

Bisma Alief - detikNews
Penumpang KRL Antusias Jajal Bus Feeder TransJ di Stasiun Tebet Penumpang Feeder TransJ yang Berhenti di Stasiun Tebet (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Jakarta - Mulai 4 April 2016, feeder bus TransJakarta mulai berhenti di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, untuk menjawab kebutuhan masyarakat pengguna KRL. Walau belum memiliki halte resmi, namun penumpang KRL di Stasiun Tebet antusias menjajal feeder TransJ tersebut.

"Biasanya saya naik taksi kalau ke kantor, tapi di stasiun tadi ada pengumuman bahwa ada TransJ di bawah flyover, jadi saya ingin mencoba," ujar Renny, karyawan yang berkantor di kawasan Kuningan kepada detikcom, Senin (4/4/2016).

Sebagai pengguna taksi, dirinya merasa terbantu dengan adanya feeder TransJ yang memiliki rute ke tempat dia bekerja. Selain itu feeder TransJ yang berhenti di Stasiun Tebet dapat menghemat biaya transportasi.

"Saya merasa lebih terbantu karena dari segi biaya lebih murah," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Tami, (25), karyawan yang berkantor di Jl HR Rasuna Said. Selain menghemat biaya transportasi, TransJ dapat memangkas waktunya untuk tiba di tempat kerja karena lebih tepat waktu.

"Merasa terbantu, saya kan kerja juga menghitung efisiensi biaya. Kalau dengan TransJ lebih murah. Saya biasa naik angkot, biasanya kalau menunggu angkot ngetem suka lama. Setelah ada TransJ, jadi lebih efisien dari segi waktu," jelas Tami.

detikcom mencoba naik bus feeder TransJ tersebut dari depan stasiun Tebet yang mengarah ke Kuningan. Petugas TransJ akan meminta bayaran di dalam bus menggunakan uang tunai sebesar Rp 3.500.
Feeder TransJ yang berhenti di Stasiun Tebet (Foto: Bisma Alief/detikcom)

Berdasarkan informasi dari pihak PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ), hari ini 10 unit feeder yang berhenti di Stasiun Tebet akan terhubung dengan Transjakarta koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), koridor 6 (Dukuh Atas-Ragunan), serta koridor 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan).

"Ini merupakan respons positif dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta terhadap usulan dari PT KCJ terkait integrasi antarmoda beberapa bulan lalu," kata Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunnisa dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (4/4).

Feeder yang menuju koridor 6 TransJakarta akan melewati flyover Saharjo, Jalan Casablanca, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Dr Satrio, dan memutar balik di samping Gedung Sampoerna Strategic Square untuk kembali menuju Stasiun Tebet.

Feeder menuju koridor 5 dan 7 dari Stasiun Tebet akan menuju Kampung Melayu, masuk ke Koridor 5, menuju Jalan Jatinegara Barat, memutar di Kebon Pala menuju Jalan Jatinegara Timur, Terminal Kampung Melayu. Bus feeder juga masuk Koridor 7, Jalan Otista, dan memutar di Bidara Cina untuk kembali menuju Stasiun Tebet.
Feeder TransJ yang berhenti di Stasiun Tebet (Foto: Bisma Alief/detikcom)



(rii/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed