DetikNews
Kamis 03 Maret 2016, 15:31 WIB

Gempa 7,8 SR Di Mentawai

Hasil Patroli TNI di Mentawai: Tidak Ada Laporan Kerusakan dan Korban

Idham Kholid - detikNews
Hasil Patroli TNI di Mentawai: Tidak Ada Laporan Kerusakan dan Korban Foto: Idham Khalid
Kepulauan Mentawai - Danlanud Padang Kolonel Penerbang I Putu Gede S mengatakan bahwa aktifitas warga Padang sudah kembali normal pasca gempa yang berpusat di wilayah Kepulauan Mentawai. TNI dan personel lainnya juga sudah melakukan patroli. Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan bangunan dan korban jiwa akibat gempa tadi malam.

"Kegiatan hari ini sebagian besar warga sudah normal kembali. Kita harapkan tidak ada gempa lagi, kalau pun ada gempa susulan mudah-mudahan kami sudah siap untuk mengantisipasinya," kata Gede di Lanud Padang, Sumbar, Kamis (3/3/2016).

Ditambahkannya, pemerintah daerah, BNPD, pihak TNI dan unsur lainnya sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk jika ada kejadian susulan. Mereka juga akan rapat koordinasi yang rencananya digelar di kantor Gubernur Sumber mulai pukul 15.00 WIB sore ini.

"Kemudian dari TNI AU sendiri , dengan melihat kejadian ini, pimpinan kami melalui Pangkaop dua kemudian kru skuadron 5, melaksakana peninjauan langsung seperti yang kita laksanakan tadi. Dapat kita lihat tadi disana (Mentawai) kondusif aman. Danrem pagi tadi juga sudah meluncur kesana," ujarnya.

"Kalau kita lihat situasi di sana, memang banyak rumah-rumah yang itu dibangun oleh Pemda untuk masyarakat disana. Dibangun di atas bukit karena untuk antisipasi terjadinya tsunami dan dirancang dari bahan-bahan anti gempa," tambahnya.



Gede menambahkan, hingga siang tadi tidak ada Laporan adanya korban ataupun kerusakam rumah warga maupun infrastruktur terkait gempa yang semalam mengguncang.



"Sampai sekarang belum ada. Namun kita tetap patroli keliling, kemudian kondisi di Lanud juga tidak ada kerusakan sama sekali. Namun kita tidak menutup kemungkinam ada kerusakan-kerusakan kecil di daerah-daerah yang di luar Kota Padang," tandasnya.


(idh/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed