DetikNews
Rabu 02 Maret 2016, 08:49 WIB

Jokowi Hari Ini Resmikan Bandara Rembele di Takengon

M Iqbal - detikNews
Jokowi Hari Ini Resmikan Bandara Rembele di Takengon Foto: Agus Suparto/Setpres
Medan - Presiden Joko Widodo hari ini melanjutkan kunjungannya dari Sumatera Utara ke Takengon, Aceh Tengah. Jokowi dijadwalkan meresmikan bandara Rembele di Takengon yang baru selesai direnovasi.

Iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo bergerak dari Hotel JW Mariot di Kota Medan menuju Bandara Kualanamu, Rabu (2/3/2016) sekitar pukul 07.35 WIB. Jokowi didampingi Menteri PU dan PERA Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung.

Baca juga: Iring-iringan Mobil Presiden Berhenti, Jokowi Turun Salami Warga Sumut

Setibanya di Bandara Kualanamu sekitar pukul 08.30 WIB, Presiden Joko Widodo akan menumpangi pesawat CN-295 milik TNI AU menuju Takengon, Aceh Tengah. Pada Senin (1/3) kemarin, Jokowi juga menaiki pesawat CN-295 dari Kualanamu menuju Bandara Silangit.

Jokowi akan menandatangani prasasti peresmian bandara Rambele, Takengon didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Lalu dilanjutkan dengan meninjau kondisi bandara.

Bandara Rembele sebelumnya hanya merupakan bandara perintis dengan terminal penumpang hanya 400 m2, lalu diperluas menjadi 1.000 m2. Pada sisi udara telah dibangun perpanjangan landasan dari semula 30 x 1.400 m menjadi 30 x 2.250 m.

Selain itu, telah dilakukan juga perluasan apron dari 80 m x 106 m menjadi 95 m x 150 m, pelapisan runway dan taxiway. Bandara ini mampu menampung sampai dengan 200.000 penumpang per tahun, diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi, khususnya sektor perkebunan dan pariwisata.

Wisatawan dapat mencapai obyek wisata TanahGayo seperti Danau Laut Tawar, Goa PuteriPukes,Pantan Terong dan Goa LoyangKoro hanya 1 jam perjalanan dengan pesawat udara dari Medan.

Sebelumnya pada Senin (1/3) kemarin, Presiden Joko Widodo meninjau pengembangan bandara Silangit sebagai akses terdekat menuju Danau Toba. Lalu sore harinya Jokowi menggelar rapat bersama Plt Gubernur Sumut Teuku dan 7 bupati sekitar Danau Toba.

Baca juga: Demi Wisata Danau Toba, Jokowi Minta Kebut Perbaikan Bandara Silangit

Jokowi menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan wisata prioritas di Indonesia tahun 2016. Lainnya adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai dan Tanjung Kelayang.


(bal/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed