Kalijodo, Before and After

Fajar Pratama - detikNews
Senin, 29 Feb 2016 18:16 WIB
Foto: Tri Aljumanto
Foto: Tri Aljumanto
Jakarta - Bangunan milik warga kalijodo dihacurkan dengan alat berat. Kawasan 'red light' itu kini menjadi area berisi puing-puing bangunan berserakan.

Kawasan Kalijodo terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Ada juga bagian area ini yang masuk Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Kawasan tersebut mirip sebuah delta yang diapit Kali Angke dan Kanal Banjir Barat. Kawasan ini dikenal sebagai kawasan lokalisasi.

Foto: Aditya Fajar Indrawan
Area Kalijodo jadi sorotan setelah ada kejadian kecelakaan maut di Jl Kalideres Jakarta Barat yang menewaskan 4 orang. Si pengemudi mobil Fortuner yang jadi tersangka dalam kasus kecelakaan ini menyebut peristiwa itu terjadi karena sebelumnya dia minum-minum di Kalijodo.

Dalam waktu kurang dari sebulan, Kalijodo terkena imbasnya. Setelah melalui mekanisme pemberian surat peringatan, aparat gabungan akhirnya melakukan penertiban di kawasan ini, pada hari ini.

Penggusuruan diamankan oleh sekitar 5.000 personel gabungan, dimulai pukul 07.30 WIB, Senin (29/2/2016). Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi, Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian serta Pangdam Mayjen Teddy Lhaksmana memantau langsung jalannya penggusuran.

Foto: Aditya Fajar Indrawan
Tak ada perlawanan dari warga yang sejak awal menolak penggusuran. Sempat ada yang kekeuh bertahan, namun luluh juga.

Kafe-kafe yang dulunya pada jam-jam menjelang malam, mulai berdegup, kini tak ada lagi. Bahkan bangunannya sudah hancur tak karuan.

Gang-gang yang dulunya dilintasi para pelanggan di Kalijodo, sebagian sudah tertutup puing-puing. Dalam waktu dekat, kawasan ini akan disulap menjadi ruang terbuka hijau.
Foto: Aditya Fajar Indrawan

Di kawasan ini juga ada masjid dan gereja. Dua tempat ibadah itu tak luput dari penertiban.


(fjp/fjp)