DetikNews
Rabu 17 Februari 2016, 13:17 WIB

Gubernur Sulsel Lantik 10 Bupati dan Wakil Bupati

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Gubernur Sulsel Lantik 10 Bupati dan Wakil Bupati Foto: Muhammad Nur Abdurahman
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) melantik 10 pasang bupati dan wakil bupati terpilih di halaman kantor Gubernur Sulsel, jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (17/2/2016). Meski sempat diguyur hujan sekitar 10 menit, proses pelantikan yang dihadiri sekitar 2.000 tamu undangan berlangsung lancar.

Mereka yang dilantik yakni Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Kaswadi Razak dan Supriansa, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Sukri Sappewali dan Tomy Satria, Bupati dan Wakil Bupati Maros Hatta Rahman dan Harmil Matotorang, Bupati dan Wakil Bupati Selayar Basli Ali dan Zainuddin, Bupati dan Wakil Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid dan Syahban Sammana, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Niko Bringkanae-Victor Datuan Batara, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan Thahar Rum, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Thorieq Husler dan Irwan Bahri Syam, Bupati dan Wakil Bupati Barru Andi Idris Syukur dan Suardi Saleh, serta Bupati dan Wakil Bupati Gowa Adnan Ichsan dan Abdul Rauf.

Dalam pidatonya Syahrul menyebutkan bahwa saatnya para Bupati dan Wakil Bupati terpilih fokus memimpin daerahnya dan melupakan persaingan di masa Pilkada lalu.

"Baik yang kalah dan menang, saatnya jalan bersama meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bupati adalah tumpuan harapan seluruh rakyat di daerah, bertekad bersama, agar mampu memperlihatkan langkah terbaik, untuk memenuhi kebutuhan rakyat," ujar Syahrul.



Sementara menurut salah satu pejabat yang dilantik, Wakil Bupati Soppeng, Supriansa pada detikcom menyebutkan, Ia bersama Bupati Soppeng Kaswadi Rauf akan langsung tancap gas memajukan daerahnya dengan memanfaatkan potensi daerahnya, dari berbagai sektor seperti bidang pendidikan, pertanian dan pariwisata domestik.

"Soppeng dikenal sebagai daerah penghasil guru di Sulsel, bahkan diakui oleh Kerajaan Belanda di masa silam, oleh sebab itu kami akan menjadikan daerah ini sebagai sentra pendidikan yang dijadikan tempat belajar dari orang di kabupaten sekitarnya, kami akan mendirikan Universitas yang berkualitas di Kota Soppeng," ujar sahabat mantan Ketua KPK Abraham Samad ini.

Dari 10 Bupati ini salah satunya merupakan Bupati perempuan berusia 39 tahun, Indah Putri Indriani di Kab. Luwu Utara, yang merupakan jebolan Jurusan Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati di periode sebelumnya dan berhasil mengalahkan calon Incumben Arifin Junaedi.
(mna/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed