DetikNews
Selasa 12 Januari 2016, 09:22 WIB

Orang Hilang Direkrut Gafatar

Gafatar Ganti Nama Menjadi Negara Karunia Semesta Alam

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Gafatar Ganti Nama Menjadi Negara Karunia Semesta Alam Foto: screenshot Twitter Gafatar
Jakarta - Gerakan Fajar Nusantara atau Gafatar tengah menjadi perbincangan menyusul dugaan keterkaitan dengan hilangnya beberapa orang secara misterius. Namun dari informasi yang diterima, organisasi sosial itu kini telah berganti nama lain menjadi 'Negara Karunia Semesta Alam' atau NKSA.

"Gafatar sekarang sudah ganti nama malah, jadi Negara Karunia Semesta Alam (NKSA)," kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen (purn) Soedarmo, saat dihubungi detikcom, Selasa (12/1/2016).

Mantan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN itu mengatakan perubahan nama tersebut mungkin untuk menghindari perhatian publik. "Ya mungkin ganti nama karena sudah jadi bahan pemberitaan, baru ganti nama juga," sambung Soedarmo.

Sebelumnya, beberapa orang dikabarkan hilang secara tiba-tiba. Salah satunya, dr Rica yang telah menghilang selama 2 minggu dan pergi ke Mempawah atau Sanggau, Kalimantan Barat, untuk mengikuti kegiatan Gafatar. Kemendagri pun sedang memeriksa kebenaran lokasi tersebut.

"Kabarnya mereka sedang membangun basisnya di sekitar Pontianak, Kalimantan Barat. Jadi kita sudah koordinasi dengan
aparat di sana untuk melacaknya apa benar ada di posisi itu," pungkas Soedarmo.

Program kerja Gafatar sendiri menurut website resminya, di antaranya berupa gerakan sosial ketahanan dan kemandirian pangan, seperti donor darah serta sumbangan anak yatim. Mereka pun memajang dokumentasi kegiatan seperti perkemahan, pelatihan kebencanaan, pelatihan untuk remaja, dan lain-lain. Namun baik website serta akun sosial media mereka terakhir kali aktif satu tahun yang lalu.

Beberapa waktu yang lalu, Gafatar juga telah mendaftarkan organisasinya ke Kemendagri. Namun, pihak Kemendagri menolak karena Gafatar terindikasi terkait dengan Negara Islam Indonesia (NII).
(adf/kha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed