DetikNews
Minggu 20 Desember 2015, 14:22 WIB

Pesawat Jatuh Di Airshow

Profil Letkol Marda, Ayah 3 Anak yang Lahir dari Keluarga TNI

Wisnu Prasetyo - detikNews
Profil Letkol Marda, Ayah 3 Anak yang Lahir dari Keluarga TNI Foto: Letkol Marda/Istimewa
Jakarta - Letkol Pnb Marda Sarjono, perwira TNI AU yang gugur dalam kecelakaan pesawat T50i Golden Eagle merupakan salah satu perwira berprestasi yang dimiliki TNI AU. Ayah tiga anak ini lahir dari keluarga TNI.

Letkol Marda lahir di Cijantung, 2 Maret 1975. Dia adalah putra seorang prajurit Kopasandha (Kopassus saat ini) yang gugur dalam Operasi Seroja Timor Timur.  Ia merupakan alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta tahun 1997.

Ia pertama kali belajar menerbangkan pesawat dari Sekolah Penerbang (Sekbang) Lanud Adisutjipto dan pesawat pertama yang dikemudikannya adalah pesawat buatan Amerika jenis AS 202 Bravo dan T-34 Charlie.

Sedangkan pesawat terlama yang dikemudikannya adalah pesawat jenis Hawk MK-53 yang dikemudikannya kurang lebih 15 tahun. Ia berhasil meraih 1.000 jam terbang dengan Hawk setelah selama tujuh tahun menggeluti pesawat tempur tersebut pada 2009. Ia mendapatkan prestasi tersebut saat kurang lebih satu tahun Skadron Udara 15 tidak dapat menghasilkan para penerbang yang mampu mencapai angka 1.000 jam terbang.

Seperti yang dilansir website TNI AU tni-au.mil.id sebulan yang lalu tepatnya 20 November 2015, Letkol Marda baru saja menyelesaikan Operasi Lintas Maleo 2015 yang dilakukan untuk pengamanan di wilayah Indonesia Timur dan wilayah sekitar provinsi Nusa Tenggara Barat.

Operasi itu menjadi operasi militer terakhir yang dilakukan Letkol Marda sebelum gugur saat menerbangkan pesawat tempur ringan T50i Golden Eagle di airshow Gebyar Dirgantara 2015 di Lanud Adisutjipto, Minggu 20 Desember 2015.

Dalam Gebyar Dirgantara 2015 yang berlangsung 19-20 Desember 2015, Letkol Marda bertindak sebagai flight leader dari rombongan pesawat T50i yang beratraksi di langit Yogya. Sabtu kemarin, ia sempat memukau penonton yang secara khusus berduyun-duyun datang ke Lanud Adisutjpto untuk menonton atraksi pesawat-pesawat tempur milik Korps Angkatan Udara.

Letkol Marda meninggalkan seorang istri yang bernama Dian Ambarwati dan  tiga orang anak. Direncanakan jenazahnya akan dibawa dari Yogya ke Madiun hari ini.
(nrl/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed