DetikNews
Senin 07 Desember 2015, 21:05 WIB

Kenapa Sidang Novanto Cuma 3 Jam? Ketua MKD: Karena 'Kecanggihan' yang Jawab

M Iqbal - detikNews
Kenapa Sidang Novanto Cuma 3 Jam? Ketua MKD: Karena Kecanggihan yang Jawab Foto: b
FOKUS BERITA: Berebut Kursi Ketua DPR
Jakarta - Sidang Novanto hanya berlangsung sekitar tiga jam dan digelar tertutup. Padahal dalam dua persidangan sebelumnya, rapat berlangsung alot dengan tanya jawab hingga berlangsung sampai malam hari. Ada apa?

"Ya karena 'kecanggihan' yang menjawab. Kalau jawaban bagus, ruang untuk mendalami jadi tidak terlalu luas," kata ketua MKD Surahman Hidayat di sela rapat internal di depan ruang sidang MKD, gedung DPR, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Surahman tak merinci maksud dari 'kecanggihan' Novanto dalam menjawab. Dia menyebut hasil persidangan yang berlangsung singkat tadi saat ini sedang dibahas dalam rapat internal MKD.

"Sedang musyawarah," ujar politisi PKS itu.

Sementara itu, anggota MKD Marsiaman Saragih saat dikonfirmasi soal rapat yang hanya berlangsung 3 jam, seperti menjelaskan maksud dari 'kecanggihan' yang disebut Surahman.

Hal itu tak lain terkait dengan nota pembelaan Setya Novanto sebanyak 12 halaman yang dibacakan dalam sesi pertama persidangan. Dalam pembelaannya, Novanto membantah semua keterangan Sudirman dan Maroef Sjamsoeddin.

"Biarin aja memang pendalaman nggak begitu. Dia menolak (keterangan Sudirman dan Maroef). Semua ditolaknya," ucap Marsiaman Saragih.

Lantaran semua pertanyaan anggota MKD dibantah oleh Novanto, maka sidang yang dipimpin kolega Novanto, Kahar Muzakir pun berlangsung cepat.
(bal/tor)
FOKUS BERITA: Berebut Kursi Ketua DPR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>