DetikNews
Jumat 13 November 2015, 12:52 WIB

Pemerintah Targetkan 5 Tahun untuk Restorasi Lahan Gambut yang Terbakar

Mulya Nur Bilkis - detikNews
Pemerintah Targetkan 5 Tahun untuk Restorasi Lahan Gambut yang Terbakar Foto: Istimewa/AFP
Jakarta - Pemerintah menargetkan restorasi lahan gambut dilakukan selama 5 tahun. Lamanya waktu karena luasnya lahan gambut yang besar.

"Pemerintah telah menetapkan targetnya terdahulu ialah harus menyelesaikan masalah kebakaran ini khususnya gambut yang memang sulit restorasi dan harus selesai dalam waktu lima tahun ke depan. itu targetnya," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya di International Experts Roundtable Discussion di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2015).

Ia mengatakan setidaknya dua atau tiga ribu hutan gambut yang harus dikembalikan kepada fungsi dan restorasinya dengan baik. Karena itu, ia meminta seluruh kalangan untuk bersama-sama melakukan restorasi ini.

Sejumlah perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran akan diminta tanggung jawab dengan melakukan restorasi ini. Dari pemerintah, anggaran restorasi ini diambil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, belum ada perhitungan konkret mengenai anggaran tersebut.

"Kita butuh kerja sama untuk mendanai ini. Ada REDD+, PBB, World Bank, dan COP. Tentunya, pemerintah juga akan memberikan sejumlah anggaran yang cukup, juga korporasi," tutup JK.
(mnb/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed