Dianggap Pahlawan, Pemadam Kebakaran Hutan di Pelalawan Diberi Penghargaan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 10 Nov 2015 12:13 WIB
Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom
Pekanbaru - Menyambut hari pahlawan, Pemkab Pelalawan Riau memberikan penghargaan kepada tim kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Penghargaan sebagai bentuk terima kasih pemerintah atas tim di lapangan.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pelalawan di Pangkalan Kerinci, Selasa (10/11/2015). Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan upacara hari Pahlawan. Penghargaan kepada tim Satgas Karhutla ini diberikan kepada tim yang sudah berjibaku dalam melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi selama ini.

"Tahun ini di tempat kita, kebakaran hutan dan lahan sangat luas sekali. Tidak hanya itu, perkebunan milik masyarakat juga banyak yang terbakar," kata Bupati Pelalawan, M Harris kepada detikcom.

Harris menyebut, di hari Pahlawan ini pihaknya memberikan penghargaan kepada seluruh tim yang sudah berjibaku dalam melakukan pemadaman. Termasuk juga kepada tim kesehatan yang menanggulangi dampak asap kepada masyarakat.

"Di tempat kita, lebih dari 3.500 jiwa terkena dampak asap. Apalagi wilayah kita merupakan wilayah cukup luas terjadi kebakaran," kata Harris.

Jerih payah tim di lapangan, lanjut Harris, patut diapresiasi. Sebab kebakaran lahan ditambah asap kiriman dari provinsi tetangga, membuat rentang waktu kabut asap cukup lama terjadi di Pelalawan dan Riau secara keseluruhan.


"Siang malam tim berusaha melakukan pemadaman, baik TNI/Polri dan masyarakat bahu membahu. Penghargaan yang kami berikan ini juga rasanya belum sebanding dengan kerja mereka," kata Harris.

Berikut daftar penerimaan penghargaan bidang Karhutla. Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio, Dandim Kampar/Pelalawan, Letkol Yudi, Kapolres Pelalawan, AKBP Ade Johan  Sinaga, Dishut Pelalawan, BLH Pelalawan, Dinas Kesehatan Pelalawan, Manggala Agni Kab Inhu.

Masyarakat Peduli Api (MPA) Kecamatan Langgam, Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kecamatan Teluk Meranti.

Dari perusahaan yang menerima penghargaan, di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Musim Mas, PT Safari Riau, PT Selaras Abadi Utama, PT Sari Lembah Sari, PT Arara Abadi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada perusahaan atas partisipasinya yang turut berjibaku dalam tim Karhutla," kata Harris.

Secara terpisah Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, pihaknya terima kasih atas penghargaan tersebut. Namun demikian, tugas lebih penting lainnya adalah menghadapi kemarau tahun depan.

"Penghargaan yang kita terima sebagai semangat kita untuk lebih intensif lagi dalam penanggulangan Karhutla. Tentunya kita mengharapkan tahun depan jangan sampai terulang kembali. Di sini perlunya kesadaran bersama dalam menjadi lingkungan," kata Edwar.

Sedangkan Kapolres Pelalawan, AKBP Ade Johan Sinaga, menambahkan di wilayah hukumnya ada 6 laporan Karhutla yang diterima. Dari jumlah itu laporan perorangan 3 dan laporan korporasi.

"Kasus Karhutla ada 6 LP yang kita tangani dan masih dalam proses lidik. Kita lagi menunggu datangnya saksi ahli bidang Karhutla," tutup Ade. (cha/try)