Ini Penampakan Ormas yang Hadang dan Intimidasi Petugas Bea Cukai di Cilincing

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 08 Okt 2015 11:40 WIB
Foto: Lee-J
Foto: Lee-J
Jakarta - Puluhan orang yang mengaku dari sebuah organisasi masyarakat (ormas) menghadang petugas Bea dan Cukai yang hendak memeriksa peti kemas di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jl Raya Cilincing, Jakarta Utara. Para pelaku tidak hanya mengintimidasi dan menghalang-halangi petugas, tetapi juga melakukan pemukulan.

"Pelaku merupakan massa dari Laskar Merah Putih. Kami mendapatkan bukti rekaman videonya," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Hengki Haryadi kepada detikcom, Kamis (8/10/2015).
Ormas yang menghadang petugas bea cukai (Amel/detikcom)


Hengki mengatakan, saat ini pihaknya bersama Polres Jakarta Utara dan di-back up oleh Subdit Resmob Polda Metro Jaya tengah mengejar para pelaku. Hengki menyebut, para pelaku sudah dikantongi identitasnya.

"Pelakunya sudah kita identifikasi. Sedang kita kejar. Motifnya diduga, para pelaku berusaha menghalangi tugas-tugas dari petugas Bea Cukai yang akan memeriksa ekspor pasir yang diduga ilegal," jelasnya.
Oknum ormas ini tampak mengusir dan mengintimidasi petugas bea cukai (Amel/detikcom)


Sebelumnya, Polres Pelabuhan Tanjung Priok mendapat laporan via telepon dari petugas Bea Cukai yang meminta pengamanan karena mereka dihalang-halangi oleh ormas tersebut saat hendak memeriksa ekspor 20 unit peti kemas pasir yang diduga ilegal.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang berkoordinasi dengan Polres Jakarta Utara kemudian meluncurkan 25 personel dipimpin Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Victor Inkiriwang, ke Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (7/10) sore.

Petugas Bea Cukai diintimidasi dan beberapa di antaranya dipukul oleh massa. Polisi yang meluncur ke TKP membuat para pelaku kocar-kacir melarikan diri. (mei/hri)