DetikNews
Sabtu 03 Oktober 2015, 16:39 WIB

Aviastar Hilang

Hari ini tak Ada Hasil, Besok Tim SAR Tambah Personel dan 1 Pesawat

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Hari ini tak Ada Hasil, Besok Tim SAR Tambah Personel dan 1 Pesawat (Foto: Lamhot Aritonang/dok detikcom)
Makassar - Setelah melakukan pencarian selama lebih dari 8 jam, tim gabungan dari Basarnas, TNI dan Polri gagal menemukan posisi pesawat Aviastar yang hilang kontak sejak Jumat kemarin.

Proses pencarian dengan menyisir melalui jalur darat maupun jalur udara belum bisa melihat dimana posisi tepat pesawat Aviastar.

"Pencarian gagal hari ini karena belum bisa menemukan posisi crash pesawat Aviastar, proses pencarian terhalang jurang-jurang terjal dan awan tebal, 80 persen kawasan pegunungan, cuaca di 3 sektor tidak memungkinkan," ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya Bambang Soelistyo, di Crisis Centre Bandara Sultan Hasanuddin, Sabtu (3/10/2015).

Bambang menjelaskan, sejak kemarin malam pihaknya telah menurunkan sekitar 125 personel. Gabungan dari Basarnas Kab. Luwu dan Bone, TNI dan Polri untuk menyisir empat titik wilayah darat yang meliputi tiga kabupaten, yakni Luwu, Luwu Utara dan Palopo.

Sejak pagi hari, Basarnas pun telah menerjunkan tiga pesawat untuk ikut melakukan pencarian melalui jalur udara. Namun pencarian dengan pesawat pun masih tetap gagal. Tim dari udara kesulitan mencari titik jatuhnya pesawat.

Untuk jalur darat, personel dibagi untuk mencari di empat titik yang masuk di daerah Kabupaten Luwu, Tana Toraja, Enrekang dan kota Palopo. Namun pencarian lebih banyak difokuskan di kawasan kecamatan Bastem yang memiliki kawasan hutan lebat.

Melalui udara, Bambang menuturkan pihaknya telah melakukan enam kali penerbangan menggunakan tiga pesawat. Sayang dari pencarian tersebut pihaknya masih belum juga menemukan pesawat Aviastar.

"Besok akan kita tambah 1 pesawat dan kekuatan darat, direncanakan besok jika cuaca mendukung, 8 sesi dan tambahan 2 sektor di bagian selatan," pungkas Bambang.


(mna/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed