DetikNews
Selasa 29 September 2015, 14:39 WIB

Pertanyaan Mendasar Anak yang Bikin 'Pusing' Pakar

Rachmadin Ismail - detikNews
Pertanyaan Mendasar Anak yang Bikin Pusing Pakar Foto: anakbertanya.com
Jakarta - Anak-anak punya rasa ingin tahu yang luar biasa. Sebagian ada yang sampai membuat orang tua, guru bahkan para pakar geleng-geleng kepala. Apa saja pertanyaan itu?

Hendra Gunawan, pengajar Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah menghimpun ribuan pertanyaan dari anak-anak sejak tahun 2013 lewat blog anakbertanya.com. Blog itu sengaja dibuat untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi anak-anak usia 10-12 tahun untuk bertanya tentang apa pun, lalu dijawab oleh pakar-pakar di bidangnya.

Anak-anak usia SD tersebut mengajukan pertanyaan yang mendasar, namun terkadang jawabannya sampai membuat pusing para pakar. Mulai dari pertanyaan filosofis, ilmu pengetahuan, persoalan kehidupan, sampai hal-hal unik yang membuat penasaran lainnya.

"Tentu banyak pertanyaan yang di luar jangkauan mereka sendiri, namun entah kenapa mereka bertanya. Ada yang benar-benar ingin ditanyakan atau mungkin juga yang baru dengar istilah itu terus tanya, atau juga ada orang dewasa yang nitip pertanyaan," kata Hendra saat berbincang dengan detikcom, Selasa (29/9/2015).

ilustrasi/thinkstock


Hendra sengaja menghimpun pertanyaan dari anak-anak itu, lalu dia mencari pakar di bidangnya untuk menjawab. Selain menjawab pertanyaan, Hendra ingin agar profesi dan bidang keilmuan para pakar juga dikenal oleh anak-anak. Dengan demikian, pengetahuan mereka tentang sebuah bidang ilmu atau profesi jadi bertambah.

"Dalam hal ini, jawaban diberikan dengan kesadaran mungkin tidak bisa langsung dicerna. Tapi tujuannya bukan jawaban itu tadi, tapi memperkenalkan kalau yang menjawab itu astronom, ilmunya astronomi. Itu tumbuh dalam benak anak sampai ketika nanti SMP atau SMA," jelasnya.

Menurut pakar matematika ini, ada beberapa pertanyaan anak yang bisa dijawab cepat, namun tak sedikit yang butuh lama untuk mencari jawabannya. Lebih tepatnya mencari orang yang tepat untuk memberikan jawaban. Saat ini ada ratusan pakar mulai dari dosen, seniman, pelukis sampai profesi-profesi lainnya yang terlibat di anakbertanya.com untuk memberikan jawaban.

Misalnya, ada anak bertanya soal 'Tuhan ada di mana?', Hendra harus mencari narasumber yang tepat karena itu menyangkut isu yang sensitif. Butuh waktu 2,5 tahun, hingga akhirnya dia bisa mendapatkan jawaban yang netral, namun tetap bisa memberikan pemahaman ke anak. Walaupun jawaban tersebut tetap mendapat berbagai tanggapan di komentar.

"Komentar itu tetap saya accept karena bagian dari pembelajaran juga," terang Hendra.

Hendra Gunawan (dok. pribadi)


Selain itu, ada juga pertanyaan tentang 'mengapa ada cinta?'. Pertanyaan yang terdengar mudah namun 'dalam' tersebut harus sampai dijawab oleh 10 orang pakar, mulai dari guru sampai sarjana sosiologi.

Anda penasaran dengan pertanyaan lainnya? Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, karena ini belum terjawab oleh pakar:

1. Ipan : Apakah Ada Perbedaan Berat pada Flashdisk yang Terisi Penuh File dengan yang Tidak? [M]
2. LZ9 (Lembang) : Apa itu Globalisasi? [M]
3. Sabina : Komputer itu Apa Sebetulnya? [M]
4. Muldani (jember) : Mengapa Anak Dianggap Bodoh Kalau Nilai Matematikanya Jelek? [G]
5. Alex : Saya ingin menjadi detektif. Apakah hal itu mungkin di Indonesia?
6. farid falevi : kenapa angin bergerak
7. Lia : Mengapa hujan turun?
8. Vani : Apa kegunaan Kelipatan Persekutuan terKecil dan Faktor Persekutuan Terbesar
9. Yunha : apakah benar ada manusia genoid di dunia? jika ada di negara mana dia tinggal? dan siapa prof yang menciptakannya? trims
10. Alzyzyra : mengapa kita tidak bisa mencampurkan antara sejarah dengan agama? misalnya siapakah orang yang pertama kali hidup di bumi? pasti berbeda jawaban di dalam sejarah maupun di dalam agama.

11. riana : bagaimana caranya belajar bahasa inggris
12. imam : pak apa saja ciri ciri rumah BTN/KPR??
13. jihan : kenapa kita harus belajar bahasa inggris
14. jumrah febrianti : benarkah galileo galilei itu tanganya dipotong karena mengatakan bumi itu bulat ?
15. Tiara, serang-banten : apakah semut dan lalat mempunyai darah? jika punya, bagaimana siklus peredaran darah pada semut dan lalat?
16. Beylin jambi : menawarkan termasuk ke dalam pergeseran makna apa
17. Rima kamelia asal kota karawang : mengapa air Dan minyak tidak menyatu
18. Naurah aninda : kenapa ga panda aja yg berkeliaran dari pada semut dan nyamuk ?
19. Ratmaji : apa nama alat untuk mengukur kecepatan arus cahaya adalah Lux watt volt
20. Adnan : jelaskan perbedaan perkecambahan pada tumbuhan monokotil dan dikotil

(mad/nrl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed