DetikNews
Minggu 13 September 2015, 11:02 WIB

Begini Kerennya Bandara Kalimarau yang Dipuji Menhub Jonan

Herianto Batubara - detikNews
Begini Kerennya Bandara Kalimarau yang Dipuji Menhub Jonan Foto: Herianto Batubara/detikcom
Berau - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memuji Bandara Kalimarau, di Berau, Kalimantan Timur. Dia meminta seluruh bandara UPT Perhubungan di Indonesia meniru bandara ini. Seperti apa sih bagusnya?

detikcom meninjau Bandara Kalimarau, Minggu (13/9/2015) didampingi Kepala Bandara Kalimarau Bambang Hartato. Bandara ini tampak bersih mulai saat masuk melewati gerbangnya hingga ke areal parkir kendaraan.

Saat masuk ke bandara lewat Terminal Kedatangan, dinginnya AC langsung terasa menyejukkan. Alunan musik instrumen khas Dayak Berau membuat rileks para calon penumpang berbagai maskapai.

Foto: Herianto Batubara


Bandara yang dibangun Pemerintah Kabupaten Berau dan dikelola penuh oleh UPT Ditjen Hubungan Udara Kemenhub ini cukup luas. Terminal domestik luasnya 10.462 m2, Terminal VIP 505 m2, Terminal Internasional 5.700 m2, dan Terminal Kargo-nya 592 m2. Bandara ini dibangun tahun 2010, dan mulai beroperasi dua tahun setelahnya. Biaya pembangunannya sendiri mencapai Rp 433 miliar.

Bandara ini terlihat sangat bersih dan rapi. Berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan para calon penumpang pun tersedia. Sebut saja seperti ruang tunggu yang nyaman, musala, kafetaria, beberapa lounge eksekutif, berbagai gerai makanan, minuman, dan oleh-oleh khas Kalimantan, serta penunjang lainnya.

Beberapa petugas kebersihan tampak mondar-mandir membersihkan berbagai area seperti toilet dan ruang tunggu penumpang. Mereka, kata Bambang, ditugaskan selalu menjaga dan memantau kebersihan.

"Jadi kalau ada yang kotor, saya minta mereka langsung sigap membersihkan, jangan dibiarkan," jelas Bambang yang sebelumnya memimpin Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Foto: Herianto Batubara/detikcom


Di bandara ini juga tersedia fasilitas untuk mencharge handphone, lift untuk penyandang disabilitas, ruangan untuk ibu menyusui, dan lainnya. Bahkan di Terminal Keberangkatan B ada tempat bermain anak. Seorang ibu calon penumpang tampak tengah menemani anaknya bermain di situ.

"Fasilitas ini bagus ya, jadinya sambil nunggu pesawat, anak bisa bermain, dan enggak rewel," puji ibu tersebut.

Bukan itu saja, di bandara ini juga ada wifi gratis lho! Saat detikcom mencoba, wifinya cukup ngebut untuk membuka berbagai website atau membuka video di situs Youtube.

Di Bandara Kalimarau ini sendiri ada 4 maskapai yang berperasi secara reguler. Maskapainya masing-masing Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Kalstar Aviation. Penerbangannya terjadwal di pagi dan sore hari.

Saat meninjau Bandara Kalimarau, Sabtu (12/9/2015) malam, Jonan langsung memberi pujian.

"Bandara Kalimarau ini bagus sekali. Terminalnya bagus, kebersihannya bagus, tertib dan sebagainya. Ini yang penting menurut saya. Masyarakat juga kayaknya tertib di sini," kata Jonan saat diwawancarai di lokasi.

Jonan berharap seluruh bandara UPT Perhubungan di Indonesia meniru bandara ini. "Saya sudah bilang bahwa bandara-bandara di Indonesia harus bisa jadi percontohan nasional," imbuh Jonan.

Foto: Herianto Batubara/detikcom


Bambang sendiri merasa senang bandara yang dipimpinnya dipuji Jonan. Ke depan dia berjanji akan terus meningkatkan pelayanan di Bandara Kalimarau untuk kenyamanan penumpang.

"Ya saya terima kasih atas kunjungan dan apresiasi beliau (Jonan) atas kinerja kami di Kalimarau. Namun demikian ini tugas dan fungsi kami dalam melaksanakan pelayanan publik yang baik. Kami akan selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan publik lebih baik ke depan," ucap Bambang.

Ditambahkan Bambang, dirinya punya cara sendiri meningkatkan pelayanan. Setiap minggu, dia dan jajarannya menggelar evaluasi membahas saran atau kritik penumpang yang mereka terima lewat kotak saran.

Foto: Herianto Batubara


"Jadi kita tahu apa yang sudah kita lakukan dalam satu minggu. Yang bagus dijaga, yang belum kita ubah, kita lakukan perbaikan supaya para calon penumpang bisa nyaman. Kami juga bersilaturahmi, menjalin komunikasi dengan para mitra seperti kepolisian, TNI, dan lainnya agar bisa saling mendukung dalam pelayanan kepada masyarakat," imbuh Bambang.

Foto: Herianto Batubara


Bandara Kalimarau ini memang sangat strategis. Jumlah wisatawan yang berkunjung, lanjut Bambang, tiap tahun terus meningkat. Apalagi bandara ini merupakan salah satu akses cepat menuju tempat wisata yang tengah populer seperti Derawan, Maratua, dan lainnya.

Foto: Herianto Batubara



(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed