Ini Citra Satelit Gambarkan Asap dan Hotspot di Sumsel Hingga Jambi

Moksa Hutasoit - detikNews
Rabu, 09 Sep 2015 20:25 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kebakaran hutan di sejumlah daerah di Indonesia masih belum berhasil diatasi sepenuhnya oleh pemerintah. Imbasnya warga menjadi korban karena rutin menghirup asap.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan Kementerian LHK Rafles Brotestes Panjaitan mengirim citra satelit yang didapatkan dari LAPAN, Rabu (9/9/2015). Data citra satelit ini dimuktahirkan pada 7 September atau dua hari lalu.

Hasil citra satelit menggambarkan kebakaran hutan di Wilayah Sumsel dan Jambi masih terdapat beberapa lokasi titik hotspot. Akibatnya muncul asap kebakaran yang belakangan menyengsarakan warga.

Lingkaran kuning menunjukkan lokasi kebakaran hutan dan lahan. Pada 7 September pukul 12.00, terlihat jelas di atmosfer Jambi dan Sumsel hingga Riau diselimuti asap bekas kejadian kebakaran.

Bagaimana dengan daerah lain? Di Kalimantan bagian Tengah juga terpaparkan beberapa titik panas disertai asap. Titik api terlihat di kawasan Pulang Pisau. Asap terlihat menutupi sebagian besar wilayah Kotawaringin Barat, Timur dan Palangkaraya.



Kebakaran di Kalimantan bagian Selatan juga masih terlihat. Namun situasinya jauh lebih baik di banding Kalimantan bagian Tengah.



Setali tiga uang, Kalimantan Barat juga mengalami hal sama. Terutama di sekitar wilayah Sukamara.



Hingga saat ini pemerintah masih berjibaku untuk memadamkan seluruh api. Segala upaya dilakukan agar kebakaran rutin yang berulang kali terjadi tiap tahun ini bisa benar-benar hilang. (mok/ndr)