DetikNews
Selasa 08 September 2015, 14:27 WIB

Puan, Tjahjo dan Pramono Anung Belum Di-PAW dari DPR, Ada Apa PDIP?

Indah Mutiara Kami - detikNews
Puan, Tjahjo dan Pramono Anung Belum Di-PAW dari DPR, Ada Apa PDIP? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tiga anggota Kabinet Kerja dari PDIP yaitu Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Pramono Anung hingga saat ini masih berstatus anggota DPR. Itu karena DPP PDIP belum menyerahkan surat pergantian antar waktu (PAW) ketiganya.

"Soal Puan, Tjahjo Kumolo, Pramono Anung sampai hari ini, belum ada surat dari DPP PDIP untuk pengajuan dan pemberhentian mereka," kata Kepala Bagian Administrasi Keanggotaan Dewan dan Fraksi DPR RI, Suratna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2015).

Puan saat ini menjabat sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Tjahjo sebagai Mendagri, serta Pramono yang merupakan Seskab. Karena tidak ada surat pengajuan pemberhentian anggota dari DPP PDIP, maka DPR tidak bisa memprosesnya.

"Kita tidak punya kewenangan untuk melakukan PAW selama surat dari DPP PDIP tidak ada," ujarnya.

Suratna menuturkan bahwa Tjahjo dan Pramono sudah mengirimkan surat pengunduran diri secara pribadi ke DPR. Namun, surat dari DPP PDIP tetap dibutuhkan.

"Pramono suratnya kemarin tanggal 14 Agustus kita terima disposisinya, Tjahjo tanggal 28 Oktober lalu. Kalau Puan sama sekali tidak ada, baik surat pengunduran diri secara pribadi atau dari DPP," ucap Suratna.

Untuk Puan dan Tjahjo yang sudah bergabung dengan Kabinet Kerja sejak awal, gaji dan tunjangan sudah tidak diberikan sejak November 2014.

Selain ketiganya, ada pula anggota DPR dari PDIP lain yang harus mundur yaitu Olly Dondokambey karena berlaga di Pilkada Sulawesi Utara. Olly punya waktu hingga 60 hari setelah penetapan calon untuk menyerahkan bukti sudah mengundurkan diri dari DPR.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed