Pimpinan DPR: Demo Buruh itu Hak, Tapi Harus Terkendali

Hardani Triyoga - detikNews
Selasa, 01 Sep 2015 10:27 WIB
Foto: rini friastuti
Foto: rini friastuti
Jakarta - Ribuan buruh menggelar aksi demonstrasi menyuarakan aspirasinya dalam beberapa tuntutan. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan aksi ini merupakan hak, namun harus dilakukan secara terkendali.

"Ini adalah suatu hak dari buruh yang penting demo terkendali. Kalau kita mau melihat nuansa batin dari buruh, memang kami juga, melihat buruh sekarang ini dalam posisi tertekan," kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Selain masalah penghasilan yang dikeluhkan, menurutnya buruh akan menyuarakan persoalan keberadaan masuknya tenaga kerja asing. Hal ini yang membuat tenaga kerja domestik seperti buruh merasa tersaingi.

"Dengan adanya banyak tenaga kerja asing yang memiliki skill khusus, melainkan buruh dalam artian tatanan menengah ke bawah itu juga banyak, sehingga nuansa batin buruh kami pun tahu pada posisi yang bergejolak," tuturnya.

Terkait keberadaan tenaga kerja asing dari China, Agus menyebut harus diambil solusi dari pemerintah. Menurutnya, harus ada kebijakan yang fair untuk menyediakan program terhadap buruh agar menekan angka pemutusan hubungan kerja.

"Dia (TKA asal China), punya posisi yang cukup kuat, punya bargaining khusus yang kuat. Sedangkan, buruh kita bila dia tidak punya skill, maka dia harus bersaing. Menurut saya ini akan mengancam," sebutnya. (hty/tor)