DetikNews
Kamis 20 Agustus 2015, 18:21 WIB

Menyapa Bapak Dan Ibu Bangsa

Pandangan Hamzah Haz di HUT ke-70 RI: Indonesia Miskin Harta dan Akhlak

Mega Putra Ratya - detikNews
Pandangan Hamzah Haz di HUT ke-70 RI: Indonesia Miskin Harta dan Akhlak Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA: Menyapa Pak Boed
Jakarta - Republik Indonesia baru saja merayakan hari ulang tahunnya ke-70. Berbagai macam cara masyarakat merayakannya.

Namun ternyata kemerdekaan itu belum berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Indonesia masih dinilai miskin diusianya yang ke-70.

Penilaian itu diungkapkan oleh Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz. Menurut Hamzah, Indonesia saat ini masih miskin, baik secara harta maupun akhlak.

"Bangsa kita ini miskin kaffah, miskin total. Miskin harta, miskin akhlak. Nukan tidak ada yang bagus, ada tapi 10-15 persen," ungkap Hamzah Haz saat berbincang dengan detikcom di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Hamzah bukan tanpa alasan dalam memilik pandangan seperti itu. Menurutnya Indonesia yang kaya sumber daya alam dan sumber daya manusia tidak menempatkan pendidikan sebagai pilar utama pembangunan.

"Harusnya simultan bidang ekonomi, terkait SDM. Jadi pendidikan tidak dibiarkan berjalan, gedung saja dibangun, tapi biaya pendidikan dibayar orang tua. Akibatnya rata-rata hanya kelas 1 SMP, sarjana berapa persen? jadi kalau hanya tamat 1 SMP, apa pekerjaan kita? " tutur eks Ketum PPP dua periode ini.


Hamzah mencontohkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand yang pada masa pembangunannya menitikberatkan kepada bidang pendidikan. Terlepas dari itu, banyak para sarjana yang tidak terjun di dunia kerja tidak sesuai dengan kuliahnya.

"Karena tidak menitik beratkan kepada pendidikan, akibatnya SDA tidak bisa kita kelola sendiri, kita jual barang gelondongan, SDM kita jual TKI/TKW, coba masuk akal ngga, Malaysia negara kecil. Kok tenaga kerja kita hampir 2 juta, SDA juga terbatas, kok kita numpang kerja disana. apa yang salah itu?" jelasnya.
(ega/mad)
FOKUS BERITA: Menyapa Pak Boed
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed