DetikNews
Senin 17 Agustus 2015, 20:42 WIB

Ikut Pencarian, Warga Temukan Serpihan Pesawat Trigana Air

Wilpret Siagian - detikNews
Ikut Pencarian, Warga Temukan Serpihan Pesawat Trigana Air Foto: Serpihan Pesawat Trigana Air (Wilpret Siagian/detikcom)
FOKUS BERITA: Tragedi Trigana Air
Jayapura - Warga masyarakat ikut dilibatkan dalam pencarian pesawat Trigana Air yang jatuh di Kampung Okbape, Kab. Pengunungan Bintang, Papua. Warga telah menemukan serpihan pesawat dan menyerahkan ke anggota kepolisian yang masuk dalam tim SAR.

Kapolda Papua, Brigjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan, setelah tim SAR udara menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air sekitar pukul 08.50 WIT oleh Pilot AMA, kemudian Tim SAR yang dikoordinir Basarnas menggerakkan personil gabungan bersama masyarakat menuju lokasi melalui jalan darat.

Namun karena kondisi cuaca yang buruk, Tim SAR tidak bisa mencapai lokasi. Sementara masyarakat setempat terus menuju lokasi dan sebelum tiba di lokasi jatuhnya pesawat mereka menemukan serpihan pesawat, lalu menyerahkan kepada anggota Polres Pengunungan Bintang yang ikut bersama masyarakat.

"Ya benar warga setempat sudah menemukan serpihan pesawat jauh dari lokasi titik jatuhnya pesawat. Tadi sekitar pukul 16.15 WIT, masyarakat Kampung Oksob menemukan dua potong serpihan, lalu menyerahkan kepada pos terdepan," kata Kapolda Papua Paulus Waterpauw kepada detikcom Senin (17/8/2015) malam.

Dari informasi yang diterima, anggota polisi atas nama Briptu Rino bersama 8 orang masyarakat setempat sudah membawa serpihak pesawat tersebut ke Mapolres Pengunungan Bintang. Namun Kapolda Papua sendiri belum mendapat foto bentuk serpihan yang sudah didapat warga tersebut.

"Saya belum tahu bentuk serpihan yang sudah ditemukan warga," ujarnya.

Lokasi titik jatuhnya pesawat Trigana dari Oksob bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 jam, namun dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, warga masyarakat yang menemukan serpihak pesawat itu juga telah kembali ke Okbape.

Setelah pukul 16.15 WIT Tim SAR telah menghentikan pencarian akibat cuaca dan akan dilanjutkan pada Selasa (18/8) besok pagi. "Jika cuaca mengijinkan besok Tim SAR akan turun ke lokasi dengan menggunakan Heli milik Freeport yang sudah stanby di bandara Oksibil," tambah Kapolda Papua.


(bal/bal)
FOKUS BERITA: Tragedi Trigana Air
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed