detikNews
Jumat 14 Agustus 2015, 10:56 WIB

Pidato Kenegaraan Perdana, Jokowi Beri Perhatian Khusus Pada Papua

Indah Mutiara Kami - detikNews
Pidato Kenegaraan Perdana, Jokowi Beri Perhatian Khusus Pada Papua Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo memberi perhatian khusus pada Papua dalam pidato kenegaraan perdananya di hadapan sidang bersama DPR-DPD. Presiden menyinggung soal kasus penyerangan di Tolikara dan akses wartawan asing.

"Secara khusus saya ingin memberikan perhatian kepada tanah Papua. Pemerintah berkomitmen untuk membangun Papua dan menjadikan Papua sebagai Tanah Damai," kata Jokowi di ruang sidang paripurna, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

"Kerusuhan seperti kasus Tolikara, seharusnya tidak terjadi lagi di masa depan. Pemerintah memberikan akses bagi wartawan asing untuk masuk dan meliput di Papua," sambungnya.

Baca juga: Ini Pidato Kenegaraan Perdana Presiden Jokowi Selengkapnya

Menurut Jokowi, pemerintah juga berkomitmen untuk melindungi masyarakat adat yang menghadapi konflik agraria, menurunkan emisi karbon dengan menghentikan kebakaran hutan, mengelola hutan secara lestari, melindungi nelayan dari pencuri ikan negara lain dan melindungi generasi mendatang dari ancaman bahaya narkoba, serta membentuk komite rekonsiliasi pelanggaran HAM berat.

"Saat ini pemerintah sedang berusaha mencari jalan keluar paling bijaksana dan mulia untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di Tanah Air. Pemerintah menginginkan ada rekonsiliasi nasional sehingga generasi mendatang tidak terus memikul beban sejarah masa lalu. Anak-anak bangsa harus bebas menatap masa depan yang terbentang luas. Semua itu merupakan langkah awal pemerintah untuk menegakkan kemanusiaan di bumi Nusantara," tegas Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin.



(imk/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com