DetikNews
Jumat 31 Juli 2015, 21:35 WIB

Jadi Dankodiklat, Mayjen Agus akan Kembangkan Doktrin Pelatihan AD

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jadi Dankodiklat, Mayjen Agus akan Kembangkan Doktrin Pelatihan AD Foto: Dok.Pendam Jaya
Jakarta - Mayjen Agus Sutomo dipromosikan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD. Mengikuti perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, Agus berjanji akan mengemban tugas dengan baik.

"Seperti yang disampaikan bapak KSAD tadi, Kodiklat adalah membangun dan mengembangkan sumber daya di AD," ungkap Agus saat dikonfirmasi usai sertijab di Markas Divisi I/Kostrad, Cilodong, Jabar, Jumat (31/7/2015).

Untuk itu, Agus mengatakan akan mengembangkan doktrin sistem pendidikan dan pelatihan di lingkungan AD. Dengan begitu, pada akhirnya prajurit TNI AD bisa menjadi semakin lebih profesional.

"sehingga di sana yang kita kembangkan, kita susun ialah organisasi, doktrin sistem pendidikan dan sistem pelatihan," kata Agus.

"Sehingga prajurit-prajurit TNI AD bisa menjadi profesional. Dengan begitu bisa mendukung tugas-tugas Prajurit TNI," sambungnya.

Agus saat ini masih merangkap jabatan sebagai Pangdam Jaya sambil menunggu penggantinya ditetapkan oleh pimpinan. Jabatan Dankodiklat TNI AD sendiri akan membawa Agus naik pangkat menjadi jenderal bintang 3 atau letnan jenderal (Letjen).

Untuk penerusnya kelak di Kodam Jaya, Agus punya harapan. Walau tak menyebut nama perwira tinggi yang dianggapnya pantas, Agus berharap Pangdam Jaya yang baru nanti akan meneruskan program unggulannya yakni Ciliwung Bersih.

"Harapan saya siapa saja. (Tapi bisa) melanjutkan program Ciliwung Bersih," tutur mantan Danjen Kopassus itu.

Hari ini Agus melaksanakan sertijab bersamaan 9 Pati lain dalam posisi strategis di tubuh TNI AD. Beberapa yang juga mengikuti sertijab adalah Pangkostrad Mayjen Edy Rachmayadi, Pangdam XVI/Pattimura, Danjen Kopassus Brigjen M Herindra, dan Komandan Seskoad Brigjen Pratimun.

KSAD Jenderal Mulyono memimpin langsung upacara serah terima jabatan. Ia memberikan tugas dan perintah kepada masing-masing pejabat yang baru termasuk untuk Mayjen Agus.

"Kepada Dankodiklat TNI AD, agar terus mengembangkan doktrin, pendidikan dan latihan sesuai dengan program kerja dan anggaran yang telah berjalan, serta lakukan evaluasi agar ke depan semakin efektif dan efisien," tukas Mulyono saat acara.


(ear/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed