DetikNews
Jumat 24 Juli 2015, 18:12 WIB

Kasus Korupsi Stadion Gedebage, Pejabat Pemkot Bandung Diperiksa Bareskrim

Andri Haryanto - detikNews
Kasus Korupsi Stadion Gedebage, Pejabat Pemkot Bandung Diperiksa Bareskrim Foto: Hasan Al Habsy
Jakarta - Setelah Kepala Biro Keuangan Pemprov Jabar, kini giliran Kepala Dinas Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bandung Dadang Supriatna yang diperiksa Bareskrim terkait dugaan korupsi Stadion Gedebage.

"Betul yang bersangkutan saat ini diperiksa penyidik Tipikor Bareskrim," kata Direktur Tipikor Bareskrim Brigjen Ahmad Wiyagus, saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (24/7/2015).

Dadang diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi dalam proyek pembangunan Stadion Gedebage, Bandung. Selain memeriksa pejabat Kota Bandung, penyidik juga memeriksa pihak swasta, Agus Sutrisna.

"Yang bersangkutan diperiksa dalam kapasitas sebagai konsultan saat pembangunan stadion," ujar Wiyagus.

Proyek Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah proyek tahun anggaran 2009-2014. Proyek yang mulai bergulir jaman Wali Kota Dada Rosada ini menelan biaya cukup fantastis, yaitu Rp 545 miliar. Peresmian stadion dilakukan Wali Kota Bandung saat itu, Dada Rosada.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah sebuah stadion olahraga bertaraf internasional yang berada di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Stadion berada di antara ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta, Bandung.

Akibat pembangunan yang dikorup, stadion berdiri tanpa spesifikasi yang layak. Tanah stadion ambles sedalam 75 centimeter.

Selain itu, banyak fisik bangunan yang tidak sesuai pengerjaan. Misalnya saja dinding-dinding stadion yang seharusnya kokoh, namun kenyataannya banyak terdapat retakan. Tujuh orang ditetapkan tersangka.

Pembiayaan stadion ini dilakukan oleh Pemprov Jabar di bawah Gubernur Ahmad Heryawan dan juga Wali Kota Bandung Saat itu, Dada Rosada, yang kini dipenjara di Sukamiskin.

Direktorat Tipikor Bareskrim menetapkan tujuh tersangka dalam dugaan kasus ini. Sebelumnya, penyidik kepolisian menetapkan Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung Yayat Ahmad Sudrajat sebagai tersangka dalam pembangunan stadion yang berada d timur Kota Bandung.

Satu diantara tujuh tersangka adalah pensiunan Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung. Sementara sisanya adalah pegawai aktif di dinas tersebut. Dua tersangka lainnya adalah dari pihak swasta atau kontraktor pembangunan.
(ahy/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed