DetikNews
Jumat 24 Juli 2015, 16:30 WIB

Doakan Tolikara, Polisi dan Ratusan Massa FPI di Tangerang Gelar Istigosah

Mei Amelia R - detikNews
Doakan Tolikara, Polisi dan Ratusan Massa FPI di Tangerang Gelar Istigosah Foto: Mei Amelia
Jakarta - Meski sudah ada perdamaian antara kelompok muslim dengan Gereja Injil di Indonesia (GIDI), insiden pembakaran kios dan musala di Tolikara, Papua menimbulkan reaksi di wilayah lain, seperti Jakarta dan sekitarnya. Di wilayah Curug, Kabupaten Tangerang, polisi merangkul ormas Front Pembela Islam (FPI) untuk mengantisipasi adanya reaksi negatif atas insiden tersebut.

Upaya ini dilakukan dengan mengajak sekitar 700 anggota FPI Provinsi Banten yang diketuai dewan syuro H Enuy untuk melakukan istigosah di Masjid Nurul Jamal, Kampung Curug Wetan RT 04A/02 Desa Curug Wetan, Curug, Kabupaten Tangerang.

Istigosah yang dilanjutkan dengan salat jumat ini juga dihadiri oleh Kapolsek Curug Kompol Tri Hartono dan Wakapolsek serta para kanit, Danramil 07 Curug Kapten Inf Tarzan, Satpol PP Curug, Cucu Supriyadi serat tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mendoakan agar kelompok beragama yang berselisih di Tolikara pada 1 Syawal 1436 H lalu agar terus menjaga kerukunan antarumat beragama," kata Kompol Tri kepada detikcom, Jumat (24/7/2015).

Dalam kesempatan itu pula, Kapolsek mengimbau agar massa FPI khususnya yang berada di wilayah Curug untuk tidak terpancing dengan provokasi atas insiden tersebut yang akan memicu tindakan anarkistis.

"Kami harapkan juga agar kelompok umat beragama di wilayah Curug untuk terus menjajga kerukunan, saling menghormati kebebasan beragama satu sama lainnya," cetusnya.
(mei/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed