DetikNews
Rabu 24 Juni 2015, 19:27 WIB

Kolonel Laut (P) M Zainudin Resmi Jabat Kadispen TNI AL

Herianto Batubara - detikNews
Kolonel Laut (P) M Zainudin Resmi Jabat Kadispen TNI AL
Jakarta - Jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispen AL) resmi dijabat Kolonel Laut (P) M Zainudin. Ia menggantikan posisi Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir yang berganti jabatan menjadi Komandan Lantantamal 8 Manado.

Serah terima jabatan itu diadakan di Markas Besar Angkatan Laut (Mabes AL), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/6/2015) dibarengi dengan buka puasa bersama. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Hadir pula. Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Widodo, dan para perwira tinggi lainnya di jajaran TNI AL.

Zainudin kini menjadi orang nomor satu di jajaran penerangan AL. Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 32 tahun 1987 ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Lembaga di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Perwira Korps Pelaut kelahiran Magetan 3 Maret 1962 ini sebentar lagi akan mendapat promosi menjadi bintang satu karena menjabat Kadispen AL. Zainudin selama berdinas, banyak dihabiskan di lingkungan armada, dan lembaga pendidikan dan perencanaan.

Dia pernah menjabat sebagai Komandan KRI Pulau Raas-722, Komandan KRI Nuku-373, Kadepdik Pusdikopsla Kodikal, Danlanal Bangka, Asops Lantamal X Jayapura, Asrena Pangkolinlamil serta Asrena Pangarmabar.

Sebelum acara sertijab dilaksanakan, dilakukan pembacaan memorandum serah terima jabatan Kadispenal mencakup berbagai tugas dan program kerja yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Dispenal ke depan oleh Manahan kepada Zainudin. Kegiatan itu dilakukan di ruang rapat Dispen AL, Gedung B-4, Lantai 1, Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu dilaksanakan pula serah terima jabatan Ketua Ranting D Gabungan Jalasenastri Mabes AL dari istri Manahan kepada istri Zainudin. Kegiatan dihadiri para perwira Dispen AL.

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada Zainudin. Namun demikian, ia mengingatkan pula bahwa tugas Zainudin ke depan amatlah penting, yakni mensosialisasikan kegiatan dan kebijakan di tubuh TNI AL.

"Muara dan tugas berat yang dipikul tersebut adalah untuk mewujudkan citra positif TNI AL di tengah masyarakat," imbuh Ade. Suasana di lokasi sendiri berlangsung santai dan penuh canda kareena KSAL banyak bersenda gurau dengan awak media.

Zainudin sendiri dalam pertemuan perdananya dengan awak media banyak melempar senyum. Ia pun menegaskan siap setiap saat meladeni permintaan wartawan untuk wawancara seputar TNI AL.
(bar/vid)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed