DetikNews
Selasa 21 April 2015, 16:13 WIB

Peringatan 60 Tahun KAA

Jemput Menlu Madagaskar, Menteri Ferry Terkesan dengan Bahasa Malagasi

- detikNews
Jemput Menlu Madagaskar, Menteri Ferry Terkesan dengan Bahasa Malagasi
Jakarta - Ajang peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 menjadi pengalaman pertama para menteri kabinet kerja menghadapi hajatan akbar itu. Dalam peringatan KAA ini para menteri mendapat jatah untuk antar-jemput delegasi peserta KAA di bandara.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan kebagian menjemput Menteri Luar Negeri (Menlu) Madagaskar di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 09.20 WIB, Selasa (21/4/2015). Ferry mengaku mendapat pengalaman menarik dari bahasa Malagasi yang digunakan di Madagaskar.

"Madagaskar itu menarik, bahasanya itu ada yang mirip (dengan bahasa Indonesia), mereka kan jajahan Prancis tapi kemudian bahasa aslinya yang saya baru ketahui ada yang sama dengan Indonesia," ujar Ferry saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Politikus Partai Nasdem ini mengetahui ada tiga kata dari bahasa Malagasi yang mirip dengan Bahasa Indonesia.

"Ada tiga bahasa yang sama dengan Indonesia, pertama langit, kedua tanah, yang ketiga salam. Paling tidak saya dapat tiga kata," ucapnya. Sekadar diketahui, Madagaskar adalah sebuah negara pulau di lepas pesisir timur Afrika yang menurut riset 28 perempuan asal Indonesia menjadi nenek moyangnya.

Dapat bertemu beberapa menteri dan kepala negara dari negara-negara di benua Asia dan Afrika, Ferry mengaku senang karena latar belakangnya yang memang kuliah di jurusan Hubungan Intersional di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

"Saya senang karena latar belakang saya kan Hubungan Internasional di Unpad. Makanya kalau ada acara-acara ke luar negeri saya juga ngirim tim, sekarang saya lagi ngirim tim ke Jepang dan Turki dari Kementerian Agraria untuk mengikuti konvensi tentang tata ruang," ungkapnya.

Selain menjemput di Bandara Soekarno Hatta, Ferry pada Sabtu (25/4/2015) malam, dijadwalkan juga akan mengantar kepulangan Ketua DPR Korea Utara. Saat mendapat jatah mengantar, Ferry berharap tidak hanya mengantar hingga Bandara Soekarno-Hatta melainkan sekaligus mengantar hingga Pyongyang, Korea Utara.

"Ini nanti saya antar sampai pesawat apa antar sampai Pyongyang? Ya kali kan sampai Pyongyang lumayan," canda Ferry.


  • Jemput Menlu Madagaskar, Menteri Ferry Terkesan dengan Bahasa Malagasi
  • Jemput Menlu Madagaskar, Menteri Ferry Terkesan dengan Bahasa Malagasi

(tfn/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed