detikNews
Rabu 15 April 2015, 18:38 WIB

Menkeu Bambang: Harga Sabu Rp 2 Juta per Gram!

- detikNews
Menkeu Bambang: Harga Sabu Rp 2 Juta per Gram! Foto: Wiji/detikcom
Banten - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro ikut melihat hasil temuan narkoba oleh petugas Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Ditemani Dirjen Bea dan Cukai Agung Kuswandono, Bambang melihat sekaligus memegang dengan sarung tangan putih yang dipakainya.

Bambang sempat serius melihat hasil temuan narkoba khususnya jenis sabu atau methamphetamine periode Maret-April 2015 sebanyak 15.809 gram atau 15,8 kg. Sambil memegang sabu, Bambang mengatakan harganya saat ini cukup mahal.

"Ada 15.829 gram, atau 15,8 kg sabu, harganya per gram Rp 2 juta. Jadi total yang bisa diselamatkan adalah Rp 31,6 miliar," kata Bambang yang menggunakan batik dan rompi Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (15/04/2015).

Dari temuan kasus tersebut, Bea Cukai berhasil menahan 9 orang. Dari 9 orang tersebut, 5 orang adalah warga negara Indonesia (WNI), 3 orang warga negara Hongkong dan 1 orang warga negara Kenya.

"Sebagian besar WNI sendiri. Asal datangnya sabu tersebut dari Malaysia, China, Dubai," tuturnya.

Dari 9 orang pelaku penyelundupan narkoba, sebagian sudah dilimpahkan ke Polres Cengkareng, Banten dan sebagian lain dilimpahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN). Menurut Bambang, pelaku dapat dikenakan tindakan hukuman pidana berupa denda paling banyak Rp 10 miliar dengan masa hukuman paling lama 20 tahun penjara dan hukuman mati.

"Ancaman hukumannya Anda pastinya sudah tahu. Kita berharap petugas Bea Cukai lebih antisipasi atas tangkapan yang ada sore ini," sebut Bambang.

  • Menkeu Bambang: Harga Sabu Rp 2 Juta per Gram!
    Foto: Wiji/detikcom
  • Menkeu Bambang: Harga Sabu Rp 2 Juta per Gram!
    Foto: Wiji/detikcom

(wij/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com