DetikNews
Jumat 20 Februari 2015, 13:04 WIB

Penyebab Delay Parah: Lion Air Rute Jakarta-Semarang Tabrak Burung

- detikNews
Penyebab Delay Parah: Lion Air Rute Jakarta-Semarang Tabrak Burung Suasana di Bandara Semarang/Angling-detikcom
Semarang - Penyebab delay massal penerbangan Lion Air antara lain pesawat menabrak burung (bird strike). Pesawat tersebut adalah Lion Air JT 506 dari Jakarta - Semarang, namun kini pesawat itu telah beroperasi lagi.

GM Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko menyatakan burung masuk ke mesin pesawat hari Rabu (18/2) lalu setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 11.30 WIB.

"Itu penerbangan Jakarta-Semarang after take off dari Jakarta. Kenanya (bird strike) di Jakarta, karena masih memungkinkan terbang, maka tetap diterbangkan sampai Semarang," kata Priyo saat dihubungi detikcom, Jumat (20/2/2015).

Pesawat tersebut mendarat normal di Bandara Ahmad Yani Semarang sekitar pukul 12.00 WIB dan segera mendapatkan penanganan. Esok harinya, hari Kamis (19/2), pesawat sudah dinyatakan layak operasional.

"Tanggal 19, pukul 03.00, sudah siap terbang. Saat itu juga pesawat tersebut bisa dioperasionalkan," tandas Priyo.

Priyo menambahkan, pihaknya memaksimalkan pelayanan bandara termasuk mengawasi limpahan penumpang dari maskapai Lion Air yang pindah ke maskapai lainnya.

"Apabila ada penerbangan Lion Air yang tertunda jauh tetap kami layani termasuk pengalihan ke pesawat lain tidak ada masalah, kami monitor juga agar tetap normal," tegasnya.

Dari pantauan detikcom, saat ini penumpang Lion Air mulai berkerumun di loket maskapai tersebut. Mereka menanyakan lama delay dan prosedur refund tikt untuk Lion Air tujuan Jakarta.

Pada Rabu (18/2) malam, Direktur Operasional Lion Air, Daniel Putut, menjelaskan penyebab delay maskapainya. "Di Semarang ada pesawat Lion Air yang tabrak burung alias bird strike, kedua ada pesawat yang mengalami gangguan teknis jadi kita schedule maintenance, ketiga ada FOD," ujar Daniel.

FOD adalah Foreign Object Damage yaitu pesawat mengalami kerusakan karena kemasukan benda asing.

Head Of Corporate Secretary Lion Group Capt Dwiyanto Ambarhidayat dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (20/2/2015) menyatakan, "Ada tiga pesawat kami yang kena Foreign Object Damage (FOD) pada Rabu pagi dan hal ini menyebabkan rentetan jadwal penerbangan Lion menjadi terganggu." (Baca: Lion Air: 3 Pesawat Kena Objek Asing Sebabkan Rentetan Gangguan Jadwal).



  • Penyebab Delay Parah: Lion Air Rute Jakarta-Semarang Tabrak Burung
    Suasana di Bandara Semarang/Angling-detikcom
  • Penyebab Delay Parah: Lion Air Rute Jakarta-Semarang Tabrak Burung
    Suasana di Bandara Semarang/Angling-detikcom

(alg/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed