DetikNews
Jumat 09 Januari 2015, 15:35 WIB

Polisi: Pertumbuhan Kendaraan di Jakarta Mencapai 6 Ribu per Hari

- detikNews
Jakarta - Pertumbuhan kendaraan di Jakarta setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Bagaimana tidak, per harinya, peningkatan roda dua maupun empat di Ibu Kota mencapai 6 ribu unit. Ini tentu membuat kemacetan di ruas jalan Jakarta semakin meluas.

"Pertambahan jumlah kendaraan perhari itu 5.500-6.000," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Jumlah penambahan kendaraan tersebut, kata Martinus, berdasarkan data dari Samsat wilayah Polda Metro Jaya yang mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru.

Martinus memerinci, untuk penambahan motor perhari mencapai 4 ribu hingga 4.500 unit. Sedangkan untuk mobil pribadi perhari mencapai 1.500 unit.

"Pertumbuhan kendaraan per tahun rata-rata 13 persen," ungkapnya.

Hal ini tentunya tidak sebanding dengan penambahan ruas jalan yang hanya mencapai 0,01 persen. "Jadi tidak sebanding," cetusnya.

Untuk mengurangi volume kendaraan ini, lanjut Martinus, ada beberapa pola yang bisa diterapkan. Di antaranya dengan cara 3 in 1, pembatasan kendaraan di ruas jalan tertentu seperti di Thamrin-Sudirman dan pemberlakuan ERP (electronic road pricing).

"Jadi pelarangan di Jl Thamrin ini untuk menuju ke ERP nanti, dan ini bisa dikatakan ikon kota Jakarta sebagai kota pemerintahan. Tapi tahapannya dengan melakukan pembatasan dulu," pungkasnya.


(mei/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed