Sekolah di Singapura, Kaesang Rendah Hati dan Tak Pernah Ngaku Anak Presiden

- detikNews
Minggu, 23 Nov 2014 10:52 WIB
(Foto: Reuters)
Jakarta -

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, baru saja lulus dari Anglo-Chinese School International (ACSI) Singapura. Selama bersekolah, Kaesang tak pernah mengungkapkan profesi ayahnya. Ia hanya mengaku ayahnya orang bisnis (businessman).

"Tidak ada satupun yang tahu statusnya (sebagai anak dari Presiden Indonesia). Dia naik bus seperti kebanyakan siswa di sini. Walaupun dengan guru, dia tidak mengatakan bahwa dia anak walikota atau gubernur atau presiden," kata guru fisika Kaesang di ACSI, Ho Wee Kwong seperti dilansir Straits Times, Jumat (21/11/2014).

Ho mengatakan siswanya itu tetap rendah hati. "Dia hanya mengatakan bahwa dia adalah Kaesang dan ayahnya seorang businessman," imbuh Ho.

Kaesang sendiri mengatakan bahwa dirinya termotivasi oleh ayahnya yang akan menelepon untuk menasihatinya, dan mendukungnya. "Dia (ayahnya) mengatakan selalu salat," tutur Kaesang.

Ditanya apa rencana ke depannya selulus dari ACS, Kaesang mengatakan, "Saya belum mendiskusikannya dengan ayah saya, tapi mungkin di bisnis manajemen".

Apakah pilihan bisnis manajemen itu ada pengaruh dari sang ayah yang menjalankan bisnis furniture, sambil tersenyum Kaesang mengatakan, "Tidak, saya terpengaruh diri saya sendiri".

Saat wisuda, Kaesang mendapatkan sertifikat International Baccalaureate diploma dari ACSI dan disoraki teman-temannya saat maju ke depan. Usai wisuda, teman-teman sekolah Kaesang berebut selfie dengan ayahnya, Presiden Jokowi.

(nwk/mad)