detikNews
Kamis 30 Oktober 2014, 01:24 WIB

Menkum HAM: Over Kapasitas di Pemasyarakatan Tidak Manusiawi

- detikNews
Menkum HAM: Over Kapasitas di Pemasyarakatan Tidak Manusiawi
Jakarta - Hari kedua pasca pelantikan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang. Hasilnya, dia menemukan sel-sel tahanan dan napi yang cukup sesak.

"Dimana-mana di Indonesia kapasitas baik Rutan-Lapas punya masalah, overcrowding sangat tidak manusiawi. Termasuk di Rutan Cipinang salah satunya," kata Yasonna usai melakukan sidak di Rutan Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (29/10/2014).

Salah satu penyebab kelebihan kapasitas tahanan, jelas Yasonna, adalah karena pemenjaraan bagi mereka yang disangkakan sebagai pengguna narkoba. "Ternyata masalah yang paling berat soal overcrowding di Indonesia adalah kejahatan narkoba, terutama pemakai," ujar kriminolog ini.

Saat ini pihaknya tengah mendesain rumusan untuk membenahi muatan Rutan-Lapas agar tidak terjadi kelebihan kapasitas. "Bagaimana pun mereka warga binaan, napi tapi mereka punya hak-hak fundamental," kata Yasonna.

Salah satu gagasan untuk mengurangi over kapasitas di pemasyarakatan adalah dengan upaya merehabilitasi para pecandu. Namun, rehabilitasi baru akan diberikan setelah narapidana tersebut menjalani masa hukuman penjaranya.

"Biar kapok kemudian baru direhab sebelum keluar," kata politisi PDIP ini.

Cara lain adalah dengan me-redistribusi warga binaan ke Rutan-Lapas yang kosong. Artinya, pemasyarakatan yang mengalami over kapasitas akan dikurangi jumlah warga binaanya dengan mengirimkan para warga ke daerah yang masih memiliki kapasitas penampungan.

"Memang ada persoalan, kadang keluarga keberatan. Tapi ini kan kebijakan negara daripada mereka berpanaspanasan di sini," jelas Yasonna.


(ahy/ear)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com