DetikNews
Kamis 09 Oktober 2014, 17:04 WIB

Bupati Dibui Kasus Suap, Wabup Dilantik Jadi Bupati Madina Definitif

- detikNews
Bupati Dibui Kasus Suap, Wabup Dilantik Jadi Bupati Madina Definitif Pelantikan Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution (Foto: Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan -

Dahlan Hasan Nasution dilantik sebagai Bupati Mandailing Natal (Madina) sisa masa jabatan 2011-2016. Jabatan baru itu diembannya karena pejabat bupati yang lama dipidana dalam kasus suap.

Pelantikan Dahlan berlangsung di Gedung Serbaguna Kabupaten Madina, di Panyabungan, Kamis (9/10/2014). Gubernur Sumatera Utara (Sumut) memimpin langsung pelantikan tersebut.

Dahlan yang sebelumnya Wakil Bupati dilantik sebagai Bupati Madina sisa masa jabatan periode 2011-2016 menggantikan Muhammad Hidayat Batubara. Proses ini merupakan tindak lanjut dari Leputusan Mendagri No 131.12-3429 tahun 2014 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Madina menjadi Bupati Madina dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Madina Provinsi Sumut.

Gubernur Gatot Pujo Nugroho mengharapkan pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan maksimal. Memanfaatkan sisa masa jabatan untuk melaksanakan program yang bersentuhan dengan kepentingan rakyat.

"Saya berharap setelah pelantikan ini saudara Bupati dapat melakukan akselerasi dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan maupun kemasyarakatan agar pencapaian visi misi saudara pada saat terpilih menjadi pasangan bupati dan wakil bupati dahulu dapat semaksimal mungkin direalisasikan," ujar Gatot.

Mantan Muhammad Hidayat Batubara divonis penjara selama 5 tahun 6 bulan dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Rabu (22/1). Dia dinyatakan bersalah menerima suap Rp 1 miliar dari pengusaha konstruksi Surung Panjaitan untuk pengerjaan proyek.


(rul/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed