DetikNews
Selasa 08 Juli 2014, 12:15 WIB

Kasus Hambalang

Divonis 4,5 Tahun, Teuku Bagus Terbukti Suap Olly Dondokambey Rp 2,5 M

- detikNews
Divonis 4,5 Tahun, Teuku Bagus Terbukti Suap Olly Dondokambey Rp 2,5 M
Jakarta - Eks bos PT Adhi Karya, Teuku Bagus Muhammad Noor, telah dijatuhi hukuman 4,5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsidair 3 bulan penjara. Dalam amar putusannya, majelis hakim menyebut jelas bahwa Teuku Bagus juga terbukti telah menyuap anggota Banggar DPR, Olly Dondokambey, sebesar Rp 2,5 miliar.

"Dalam proses pembanguan proyek P3SON Hambalang, terdakwa telah menyuap Olly Dondokambey yang merupakan anggota Banggar DPR sebesar Rp 2,5 miliar," kata hakim anggota Sinung Hermawan membacakan amar putusan di pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (8/7/2014).

Hakim menyebut Olly menerima suap dalam kapasitasnya sebagai anggota Banggar DPR. Seperti diketahui, Banggar DPR yang menentukan peningkatan anggaran proyek Hambalang yang semula Rp 125 miliar menjadi Rp 2,5 triliun.

Dalam proses penyidikan, KPK telah menggeledah rumah Olly Dondokambey di Manado dan menyita sejumlah mebel yang diyakini berasal dari PT Adhi Karya. Namun, majelis hakim memutuskan agar mebel yang telah disita itu dikembalikan ke Olly karena dinilai uang pembelian tidak berasal dari kas PT Adhi Karya.

"Mebel yang berupa meja kayu dan kursi agar dikembalikan ke tempat penyitaan," kata hakim ketua, Purwono Edi.

Teuku Bagus dinyatakan terbukti telah melanggar pasal 3 Jo pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHAPidana Jo pasal 65 ayat 1 ke 1.


(kha/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed