DetikNews
Jumat 09 Mei 2014, 11:44 WIB

Kasus Suap Bupati Bogor, Bakrie Kembalikan Bukit Jonggol ke Sentul City Tahun Lalu

- detikNews
Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) menepis keterlibatan mereka di kasus suap Bupati Bogor dalam alih fungsi hutan di kawasan Sentul hingga Cianjur. Bakrieland menegaskan, bahwa mereka sudah melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT Bukit Jonggol Asri (BJA) kepada pemilik lama, yaitu PT Sentul City Tbk (BKSL). Transaksi ini sudah dilakukan tahun lalu.

"Sekarang ini Bakrie sudah tidak terkait apa-apa di situ. Kan sudah dikembalikan semuanya ke pemilik lama 19 April 2013," kata Chief Corporate Officer Bakrieland Yudy Rizard Hakim kepada detikFinance, Jumat (9/5/2014).

Dulu Grup Bakrie menguasai 35% saham BJA melalui Andrasentra Propertindo sejak 2010. Seluruh sahamnya itu dijual kembali kepada PT Sentul City Tbk (BKSL) tahun lalu.

BJA merupakan salah satu aset Bakrieland yang dijual, selain lahan di Kelurahan Karet Setiabudi, Jakarta Selatan; PT Bakrie Toll Road (BTR); dan Lido Resort. Dari penjualan tiga aset itu Bakrieland sudah meraup dana Rp 1,11 triliun.

Dana yang diperoleh Bakrieland itu akan digunakan untuk bayar utang dan investasi. Bakrie meraup dana tambahan sekitar Rp 300 miliar dari penjualan BJA ke pemilik lamanya ini.

"Jadi kita sudah tidak ada kepemilkan lagi di Bukit Jonggol," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Keluarga Bakrie Lalu Mara Satriawangsa menegaskan hal tersebut. Menurutnya, sudah sejak tahun lalu Grup Bakrie tidak terlibat lagi di Bukti Jonggol.

"Sudah dijual semua (kepemilikan di BJA), sekarang kita tidak punya lagi. Dikembalikan ke pemilik lama," ujar Lalu Mara.

Soal PT BJA ini menjadi ramai karena tersangkut kasus alih kepemilikan fungsi hutan di kawasan Sentul hingga Cianjur. KPK menemukan bukti adanya suap perizinan ke Bupati Bogor Rachmat Yasin, nilainya miliaran rupiah.

Rachmat sudah dijadikan tersangka dan ditahan KPK. Selain Rachmat Yasin, Kadis Pertanian dan Kehutanan Bogor Muhammad Zairin juga dijebloskan ke Rutan Cipinang untuk kasus yang sama. Selain itu, ada karyawan PT Bukit Jonggol Asri, Francis Xaverius Yohan Yap yang dijebloskan ke Rutan Guntur.




(ang/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed