DetikNews
Rabu 07 Mei 2014, 13:19 WIB

Jadi 'Mahaguru' Intelijen Pertama di Dunia, Hendropriyono Masuk MURI

- detikNews
Jadi Mahaguru Intelijen Pertama di Dunia, Hendropriyono Masuk MURI
Jakarta - Mantan Kepala BIN Jenderal TNI (purn) AM Hendropriyono dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang intelijen oleh Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Dengan demikian, dia menjadi guru besar bidang intelijen pertama di Indonesia, bahkan diklaim pertama di dunia.

Pengukuhan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 2576f/A4.3/KP/2014. Keputusan ini dibacakan oleh Sekretaris Dewan Akademik Kemendikbud, Mohammad Isro.

"Memutuskan terhitung tanggal 1 April 2014 mengangkat Dr Abdullah Mahmud Hendropriyono, SE, ST dengan jumlah kredit 850 kum dalam jabatan akademi atau fungsional sebagai profesor atau guru besar tidak tetap dalam bidang ilmu intelijen," kata Isro di depan mimbar.

Acara pengukuhan ini dilaksanakan di Balai Sudirman, Jalan Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (7/5/2014). Sejumlah tokoh nasional hadir seperti Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Akbar Tandjung, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, KSAD Jenderal Budiman, Menteri Perumahan Rakyat Djan Fariz, Ketua DPP Hanura Fuad Bawazier, Ketua Umum DPP Hanura Wiranto, Khofifah Indarparawansa, dan banyak tokoh lainnya.

Dalam acara ini, selempang guru besar disematkan oleh Prof Dr Priyatna Abdurasyid. Hendro juga memaparkan orasi politiknya berujudul 'Filsafat Intelijen Negara Republik Indonesia'.

Gelar pertama bagi Hendropriyono ini masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Ketua Umum MURI Jaya Suprana menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada sang profesor.

"Dewan anugerah MURI dengan tanggung jawab sepenuhnya dan saya sebagai ketua umum MURI, berdasarkan penelitian intelijen yang cukup lama, menganugerahkan MURI untuk Profesor Dr AM Hendropriyono," kata Jaya.

Penghargaan ini bukan dari segi politis, namun fakta sebenarnya bahwa Hendropriyono adalah 'mahaguru' intelijen pertama. "Bukan hanya di Indonesia, tapi pertama juga di dunia. Rekor hari ini adalah dunia," tegasnya.

"Sebagai Ketum MURI saya berani menegaskan bahwa anugerah kepada Prof Dr AM Hendropriyono hanya bisa gugur apabila terbukti Prof Dr AM Hendropriyono bukan mahaguru ilmu intelijen pertama. Sebelum didahului lembaga asing, kami mohon menyerahkan anugerah MURI kepada Prof Dr AM Hendropriyono sebagai maha guru intelijen pertama di dunia," sambung pria jago main piano pencetus kelirumonologi ini.




  • Jadi Mahaguru Intelijen Pertama di Dunia, Hendropriyono Masuk MURI
  • Jadi Mahaguru Intelijen Pertama di Dunia, Hendropriyono Masuk MURI

(mad/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed