DetikNews
Selasa 01 April 2014, 20:20 WIB

Eks Ketum IDI dan Ketua Kwarnas Pramuka Azrul Azwar Wafat

- detikNews
Jakarta - Mantan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka sekaligus mantan ketua umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 1988-1991 dan 1994-1997, Prof Dr dr Azrul Azwar, meninggal dunia. Azwar meninggal dalam usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Benar, saya dapat kabar bahwa beliau meninggal dunia sekitar pukul 18.00 WIB," ujar Ketua Umum IDI, dr Zaenal Abidin saat dihubungi detikcom, Selasa (1/4/2014).

Menurut Zaenal, Azrul sebelum wafat memang tengah berjuang melawan penyakit kanker hati yang telah diderita sejak lama. "Padahal rencananya awal April ini beliau akan melakukan operasi namun sayang beliau harus terlebih dahulu meninggalkan kita," jelasnya.

Pencarian donor hati untuk cangkok memang cukup sulit untuk dilakukan. Zaenal mengatakan, Azrul pernah ke Malaysia dan negara lainnya untuk mencari donor namun belum ada yang cocok.

"Mungkin karena faktor usia juga," tutur Zaenal.

Saat ini jenazah masih berada di ruang VVIP RSCM Kencana. Para sekjen dan petinggi IDI saat ini sedang berada di rumah sakit.

"Rencananya besok pagi beliau akan disemayamkan dulu di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Salemba sebelum akhirnya dikuburkan. Belum tahu apakah akan dibawa ke kampung halamannya atau bagaimana," jelas Zaenal.






(rni/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed