DetikNews
Senin 10 Juni 2013, 17:44 WIB

Pesawat Merpati Belum Bisa Dievakuasi, Bandara El Tari Masih Tutup

- detikNews
Pesawat Merpati Belum Bisa Dievakuasi, Bandara El Tari Masih Tutup (Foto: Istimewa)
Jakarta - Hingga petang pukul 18.30 Wita atau 17.30 WIB, pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang mengalami crash landing di Bandara El Tari Kupang, NTT masih belum dievakuasi. Bandara pun masih tutup.

\\\"Kami mendapat informasi beberapa menit yang lalu, masih di lokasi pesawatnya, belum bisa dievakuasi,\\\" demikian kata GM Humas PT Angkasa Pura (AP) I Hendy Heriyudhitianto ketika dihubungi detikcom<\/strong>, Senin (10\/6\/2013) pukul 17.30 WIB.

Kendalanya, menurut informasi yang diterima Hendy, adalah menunggu alat berat.

Sementara Corporate Communications PT MNA Akhmad Zulfikri mengatakan evakuasi akan dilakukan sampai tuntas hari ini.

\\\"Hari ini evakuasi bisa sampai malam ya,\\\" demikian kata Fikri dalam keterangan tertulis.

Pesawat Merpati jenis MA 60 buatan China bernomor registrasi PK MZO mengalami crash landing (pendaratan sangat keras) dan undershoot alias pesawat yang mendaratkan rodanya sebelum titik pendaratan yang diharapkan di landasan (runway) pada pukul 09.40 Wita. Pesawat ini membuat Bandara El Tari Kupang ditutup karena evakuasi pesawat yang nose wheel atau roda depannya tak tampak keluar ini membutuhkan waktu berjam-jam.

Dari 45 penumpang dewasa dan 1 bayi semuanya selamat. Dari jumlah itu, ada 9 yang masih dirawat di RS di Kupang, terdiri dari seorang penumpang dirawat di RS AU Kupang, sedangkan 6 orang penumpang masih dirawat di RSUD Prof dr WZ Johannes dan 2 orang penumpang di rawat di RS Bhayangkara, Kupang.

6 Orang penumpang lain saat ini sedang istirahat di hotel Ima Kupang, sambil menunggu jemputan dari keluarga mereka. 31 Orang Penumpang sudah kembali ke keluarganya masing masing di kawasan Kupang. Semua biaya hotel dan biaya rumah sakit ditanggung sepenuhnya oleh Merpati

4 Kru yang terdiri dari Capt Aditya Prio Joewono, Co Pilot Au Yong Vun Pin serta 2 flight attendant Lanny Wulandari, dan Anesa Purwanti dalam keadaan baik.




(nwk/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed