DetikNews
Kamis 23 Agustus 2012, 09:32 WIB

Warga Tionghoa Bali Resmikan Vihara Satya Dharma

- detikNews
Warga Tionghoa Bali Resmikan Vihara Satya Dharma
Denpasar - Ratusan warga Tionghoa di Bali meresmikan tempat ibadah Vihara Satya Dharma. Tempat ibadah yang dibangun di kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, sebagai tempat pemujaan seluruh umatnya serta pemujaan terhadap Dewa Ma Cho, dewa pelindung laut.

Vihara Satya Dharma berdiri megah di atas lahan 82 are. Bangunannya yang kokoh dipenuhi dengan ornamen dan warna merah khas China. Bahan-bahan dan ornamennya banyak didatangkan langsung dari negeri tirai bambu tersebut.

Peresmian vihara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali AA Ngurah Puspayoga serta para umatnya, Rabu malam (22\/8\/2012). \\\"Semua umat Tri Darma dari seluruh Indonesia bisa bersembahyang di vihara ini,\\\" kata Ketua Yayasan Vihara Satya Dharma Kasdi Taman.

Tempat ibadah ini diharapkan akan menjadi tempat pemujaan bagi para pelaut yang bekerja maupun pelaut dari berbagai negara yang sering singgah di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

\\\"Di sini, Pelabuhan Benoa dulu belum punya tempat ibadah. Di sini, ada 30 ribu pelaut di Benoa. Vihara ini merupakan tempat ibadah bagi perantau. Ia berdoa sebelum dan setelah datang dari melaut agar mendapat rejeki dan perlindungan,\\\" kata Kasdi Taman.

Bangunan vihara yang diperkirakan menelan dana Rp 4 miliar ini sangat megah dan unik. Vihara ini juga berpotensi menjadi tempat wisata baru di Denpasar. Aktivitas warganya akan menjadi objek wisata sekaligus sembahyang bagi para turis .

Pembangunan Vihara Satya Dharma dilaksanakan selama enam tahun sejak merancang hingga diresmikan. Pembangunannya mendapatkan banyak sumbangan dari para umatnya dari Indonesia termasuk dari luar negeri, seperti Jepang, Taiwan, Thailand.

Peresmian vihara dimeriahkan tarian Barongsai, serta pesta kembang api yang sangat meriah. \\\"Vihara ini tempat kita berdoa, semoga membawa kedamaian,\\\" kata Dewan Pembina Vihara Satya Dharma Sumadhi.




(gds/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed