DetikNews
Selasa 10 Mei 2011, 10:19 WIB

Ki Timbul Hadiprayitno, Dalang Favorit Dua Presiden Meninggal Dunia

- detikNews
Ki Timbul Hadiprayitno, Dalang Favorit Dua Presiden Meninggal Dunia
Yogyakarta - Ki Timbul Hadiprayitno (79), dalang gaya Yogyakarta asal Bantul meninggal dunia. Ki Timbul merupakan salah satu dalang sepuh (tua) yang menjadi dalang favorit dua mantan Presiden Indonesia.

Ki Timbul semasa hidupnya menjadi dalang favorit dan kesenangan (alm) HM Suharto dan (alm) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Ki Timbul meninggal dalam usia 79 tahun di rumahnya di Dusun Patalan, Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, Selasa (10\/\/2011) pukul 01.30 WIB. Hingga akhir hayatnya almarhum tetap giat mendalang dengan gaya (gagrak) Yogyakarta.

\\\"Bapak meninggal karena sudah sepuh tadi pagi sekitar pukul 01.30 WIB. Sejak tahun lalu juga sudah banyak mengurangi kegiatan mendalang,\\\" kata anak Ki Timbul, Kasidi.

Rencananya almarhum akan dimakamkan di makam dusun setempat di Patalan, Jetis, Bantul.

Ki Timbul sampai saat ini masih tercatat sebagai abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan pangkat Mas Rio Cermo Manggala. Dia lahir di Desa Jenar, Bagelan, Purworejo pada tahun 1932. Darah seni mengalir dari keluarga terutama ayahnya yang juga seorang dalang.

Selain mendalang, Ki Timbul juga membagi ilmunya dengan mengajar mendalang di pedalangan Habiranda Kraton Yogyakarta serta menjadi dosen tamu ISI Yogyakarta. Semasa zaman Orde Baru, Ki Timbul pernah mendalang dengan lakon Semar Babar Jati Diri di hadapan Presiden Suharto waktu itu. Sedang saat mantan Presiden Gus Dur sudah tidak menjabat presiden lagi, beliau juga lebih dari 3 kali menyaksikan penampilan Ki Timbul. Saat menjadi Presiden tahun 2001, Gus Dur menyaksikan penampilan Ki Timbul saat mendalang di Balairung Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.





(bgs/anw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed