DetikNews
Senin 04 Mei 2009, 06:50 WIB

Ribuan Petugas Eksekusi Ratusan Rumah Semi Permanen

- detikNews
Surabaya - Sekitar 1900an pasukan gabungan melakukan penggusuran di sepanjang pintu air Jagir Wonokromo hingga jembatan Nginden, Surabaya, Jawa Timur. Pasukan yang terdiri dari kepolisian, Satpol PP dan TNI ini menggusur sebanyak 380 rumah di wilayah tersebut.

Pasukan gabungan diketahui sudah bersiap sejak pukul 04.30 WIB. Penggusuran ini dilakukan terhadap 380 kepala keluarga (KK) yang melanggar UU No 38 Tahun 2004 tentang ruang pemanfaatan lalu lintas dan jalan.

\\\"Selain itu mereka juga melanggar Perda nomor 7 tahun 1992 tentang pendirian bangunan tanpa IMB,\\\" kata Kapolwiltabes Surabaya Kombes Pol Ronnie F Sompie kepada wartawan usai apel pasukan di Jl Jagir Wonokromo, Surabaya, Senin (4\/5\/2009).

Pantauan detikcom<\/strong>, selain dua unit water cannon, terlihat juga dua alat berat yang telah disiapkan para petugas. Ratusan warga terlihat melakukan penghadangan penggusuran dengan cara menutup jalan sambil membawa bendera merah putih dan mengucap dzikir.

Hingga pukul 06.30 WIB, sebagian pemilik rumah semi permanen yang tinggal di wilayah itu juga tampak membongkar rumahnya masing-masing. Rumah yang digusur adalah rumah yang berdiri di atas bantaran atau stren sungai jagir dan sudah berdiri selama puluhan tahun.
<\/span>


(nov/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed