DetikNews
Selasa 31 Maret 2009, 06:32 WIB

Ada Melon Berbentuk Kotak di Mekarsari!

- detikNews
Ada Melon Berbentuk Kotak di Mekarsari!
Jakarta - Melon yang ini lain daripada yang lain. Jika biasanya buah ini berbentuk bulat, yang ini berbentuk kotak. Buah kotak ini dikembangkan di Indonesia loh!

Buah unik ini dikembangkan oleh Taman Wisata Mekarsari yang bermarkas di Jl Raya Cileungsi - Jonggol Km 03, Bogor, Jawa Barat. Menurut Kepala Bagian Kebun Produksi dan Penelitian Mekarsari Riris Margiana Sari, rekayasa budidaya tanaman itu dikembangkan sejak Desember 2008.

\\\"Kemarin baru saja dipamerkan, belum diproduksi massal dan diperjualbelikan,\\\" kata Riris saat berbincang dengan detikcom<\/strong>, Senin (30\/3\/2009). Riris kebetulan juga anggota peneliti melon kotak tersebut.

Selain Riris, ada beberapa peneliti lain yang masuk dalam tim pengembangan ini.

\\\"Selain saya, ada Pak Tarimin, Pak Guntoro, Pak Darto, dan Pak Caca. Juga ada tim penasihat Pak A Widodo dan Pak M Reza,\\\" katanya.

Mengapa memilih bentuk kotak? Menurut Riris, sebenarnya Mekarsari berniat membuat melon dalam berbagai bentuk. Namun untuk uji coba pertama kali, kotak adalah bentuk yang paling mudah.

\\\"Itu paling mudah untuk pertama dibuat. Nanti kita juga kepingin buat bentuk lain seperti segitiga, piramid dan sebagainya,\\\" kata Riris.

Riris mengatakan, ide awal rekayasa budidaya melon itu diambil dari budidaya semangka di Jepang.

\\\"Di sana kan sudah ada semangka yang dibentuk macam-macam. Nah karena kita punya Wahana Melon, kita bisa coba,\\\" lanjutnya.

\\\"Kan kalau bentuknya bulet saja monoton. Kalau bentuknya kotak kan lebih lucu,\\\" kata Riris tertawa.


(ken/iy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed