DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 17:06 WIB

Pantai Santolo Garut Jadi Magnet Wisatawan Selama Libur Lebaran

Hakim Ghani - detikNews
Pantai Santolo Garut Jadi Magnet Wisatawan Selama Libur Lebaran Pantai Santolo. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Pantai Santolo menjadi destinasi favorit para wisatawan bertepatan libur Lebaran 2018. Ribuan orang menyerbu pantai yang berlokasi di selatan Garut ini.

"Hari ini saja ada 15 ribu wisatawan yang ke pantai selatan," ujar Kasatpolairud Pantai Santolo Garut AKP Tri Andri di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (20/6/2018).


Ribuan orang itu hanya wisatawan yang mengunjungi Pantai Santolo saja. Belum lagi para wisatawan yang rekreasi ke pantai di selatan Garut lainnya yaitu Sayang Heulang, Cicalobak dan Rancabuaya.

Tri menjelaskan peningkatan jumlah wisatawan kerap terjadi kala liburan tiba. Namun pada libur lebaran 2018 ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan meroket naik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Kita di sini terus standby baik di darat maupun laut untuk memantau agar ketika terjadi hal yang diinginkan. Ketika ada kejadian, kita langsung bergerak," ujar Tri.

Pantai Santolo menjadi magnet wisatawan meski memiliki gelombang ombak cukup tinggi dan palung laut yang dalam. Petugas berwenang melarang wisatawan untuk berenang di pantai itu.


Namun sejumlah pengunjung tetap bandel dan berenang di Pantai Santolo. Akibatnya pada Senin (18/06), seorang pengunjung hampir tenggelam. Beruntung petugas dan nelayan setempat dengan sigap menyelamatkannya.

"Sudah kita imbau untuk tidak bermain air di sana (Pantai Santolo). Mungkin karena ketidaktahuan korban yang belum pernah ke laut ini," ucap Tri.

Selain Satpolairud Pantai Santolo, Kantor SAR Bandung menyiagakan personelnya untuk mengawasi para wisatawan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed