DetikNews
Sabtu 30 September 2017, 12:57 WIB

Sampah Kiriman Berdampak Banjir di Kabupaten Bandung

Wisma Putra - detikNews
Sampah Kiriman Berdampak Banjir di Kabupaten Bandung sampah kiriman penyebab banjir/Foto: wisma putra
Bandung - Sampah kiriman dari Kota Bandung yang mengalir dari Sungai Cikapundung dan bermuara ke Sungai Citarum menumpuk di Jembatan Leuwi Bandung, Kecamatan Bojongsoang.

Akibatnya, air yang ada di sungai tersebut meluap ke pemukiman warga dan merendam ratusan rumah yang berada di Kampung Lewi Bandung, Desa Cijagra, Kecamatan Bojong Soang.
sampah berbagai jenis itu menyangkut di dasar jembatan karena ketinggian jembatan itu sejajar dengan Tinggi Muka Air (TMA)/sampah berbagai jenis itu menyangkut di dasar jembatan karena ketinggian jembatan itu sejajar dengan Tinggi Muka Air (TMA)/ Foto: wisma putra

Pantauan detikcom, sampah berbagai jenis itu menyangkut di dasar jembatan karena ketinggian jembatan itu sejajar dengan Tinggi Muka Air (TMA).

"Ini sampah baru saja menumpuk, kalau kemarin sebelum TMA naik aliran sungai bersih. Ini sampah kiriman dari Kota Bandung," kata Ade S (67) warga setempat sekaligus pengepul sampah kepada wartawan, Sabtu (30/9/2017).

Ade menuturkan, kehadiran tumpukan sampah membuat warga risih dan menganggu karena menimbulkan bau yang menyengat. "Mengganggu sekali, terutama untuk kesehatan. Kalau musim hujan suka gini (sampah) numpuk," tuturnya.
Bermacam-macam sampah bahkan hingga kasurBermacam-macam sampah bahkan hingga kasur Foto: wisma putra

Selain itu Ade menjelaskan, kondisi tersebut sudah berlangsung lama dan dirasakannya warga hampir 15 tahun ke belakang.

"Meskipun suka dibersihkan tapi kalau jembatannya tidak segera di renovasi tetap sampah akan numpuk, apalagi sampah yang mengalir volumenya tidak sediki bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kubik," jelasnya.

Selain itu ia juga menambahkan, jika sampah tersebut kerap dibersihkan oleh TNI, petugas ecovillage dan Dinas Kebersihan. "Kemarin-kemarin pernah diangkut, banyaknya sampah mencapai 25 mobil sampah," tambahnya.

Sementara itu, Kerua RW 01 Kampung Lewi Bandung berujar dari jumlah penduduk sekitar 400 kk dan jumlah rumah sekitar 300 unit jika banjir tiba setengahnya terdampak banjir.

"Banjir bisa merendam 200 rumah dengan ketinggian air yang bervariatif darinmulai se lutut orang dewasa sampai ketinggian semeter setengah," pungkasnya.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed