Pohon di Bandung Nanti Punya KTP

Avitia Nurmatari - detikNews
Kamis, 08 Okt 2015 17:29 WIB
Foto: baban/detikcom
Bandung - Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetya mengaku sudah menerima instruksi dari Wali Kota Bandung untuk menginventarisir pohon. Pihaknya akan segera membuat Kartu Tanda Pengenal (KTP) khusus pohon.

"Iya sedang kami inventarisir. Jumlah pohon di Kota Bandung itu banyak, ada 4 jutaan. Untuk itu kita akan membuat KTP khusus untuk pohon," kata Arief saat dihubungi wartawan, Kamis (8/10/2015).

Arief menjelaskan, sejak awal musim kemarau, Diskamtam Kota Bandung telah melakukan monitoring pohon-pohon yang diperkirakan rawan tumbang.

"Kita sudah lakukan pemangkasan pohon-pohon yang sudah rapuh. pohon-pohon tua yang bagian bawahnya mulai berlubang juga akan dipotong. Pohon seperti ini akarnya mudah tercabut dari tanah ketika tidak mampu untuk menahan tiupan angin disertai hujan. Kalau batang bawahnya berlubang besar kita awasi. Kemungkinan kita potong jadi pendek," jelasnya.

Meski demikian, Arief tidak mau gegabah begitu saja menebang pohon-pohon yang sudah berumur tua. Jika pohon tersebut masih produktif kemungkinan hanya dipangkas untuk mengurangi beban.

"Kita ada pohon yang sudah berusia 100 tahun tapi masih sehat dan tidak masalah," kata Arief.

(avi/ern)