Seekor Sapi di Australia Barat Lahirkan Anak Sapi Kembar 3 Langka

Australia Plus ABC - detikNews
Minggu, 06 Mar 2016 10:36 WIB
Jakarta -

Seorang peternak di Australia Barat, mendapatkan anak sapi kembar tiga dari sapi betina peliharaannya. Ini merupakan kejadian langka dan hanya terjadi dengan peluang satu berbanding 700.000 ekor.

Pemilik sapi dari jenis Simmental ini, Kevin and Janice Hard sangat gembira karena sapi betina miliknya berhasil menantang peluang langka ini dan ketiga anak sapinya lahir dengan sehat.
"Rupanya ini sangat jarang terjadi, hanya satu berbanding 700.000 ekor,” katanya.
Kevin Hard mengatakan sapi betina miliknya melahirkan menjelang tenggat lahirnya dan mereka selama ini memang memantau terus kesehatan Evita.
"Hari Kamis (3/3) saya sempat melihat Evita sedikit sesak napas, aku memeriksanya lagi di tengah malam, kemudian memeriksanya lagi pada pukul 2:00 pagi dan kemudian pada pukul 4 kantong air ketubannya pecah dan kemudian dia melahirkan," tutur Kevin Hard.
Kevin mengatakan menangani sapi yang melahirkan kembar tiga memberikan pengalaman yang sedikit berbeda dari proses kelahiran sapi-sapi lain pada umumnya.
"Saya hanya bisa merasakan lima kaki tapi aku berhasil mengeluarkan ketiga anak sapi tersebut, saya menemukan dua kaki belakang dan kemudian anak sapi pertama keluar dengan cukup mudah, " katanya.
Evita, induk betina berusia 12 tahun, melahirkan dua ekor anak sapi masing-masing seberat 25 kilogram dan satu anak sapi dengan berat sekitar 20 kilogram.
"Dia seekor sapi tua dan ibu tua yang cukup baik."
Kesulitan utama yang mereka hadapi adalah bagaimana mendapatkan tambahan susu kolostrum dari sapi lain untuk membantu memberi makana ketiga anak sapi tersebut.
Darren Clews dari Full Scanning Cow mengatakan keluarga Hards tahu mereka akan mendapatkan anak sapi kembar tiga setelah melakukan scan awal yang menunjukan kehamilan ganda pada bulan Agustus tahun lalu. Dan tampaknya ini menjadi awal yang baik untuk musim ini karena kemungkinan jumlah anak
sapi yang lahir kembar di kawasan ini akan melampaui jumlah biasanya.
"Tapi berdasarkan pengalaman saya 15 tahun dalam mengevaluasi kehamilam sapi ini merupakan anak sapi kembar tiga pertama yang lahir hidup," katanya.
"Biasanya mereka tidak akan mencapai periode kehamilan penuh dan akan mati dalam kandungan."
Dia juga mengatakan anak sapi dan banteng kembar bisa disebabkan karena induk sapi itu tidak subur atau mandul, karena sapi jantan melepaskan hormon pada usia kehamilan sekitar 30 sampai 40 hari dan itu akan mempengaruhi kesuburan sapi betina.
Tapi kembar tiga yang sangat langka ini menurut Clews Ia tidak tahu apakah kesuburan akan menjadi masalah bagi sapi betina.
Hards mengatakan mereka saat ini sibuk menentukan nama bagi anak sapi kembar tiga mereka yang semuanya kemungkinan akan diberi nama dengan awalan huruf E seperti nama ibu kandung mereka.


(nrl/nrl)