INTERMESO

Selamat Ulang Tahun dari Pria-pria Afrika

"Kita pernah rekor dalam sehari sampai nerima request sampai seratus video. Lumayan agak keteteran."

Ilustrasi: Edi Wahyono

Sabtu, 13 Agustus 2022

Ketimbang memberikan seloyang kue berikut kartu ucapan kepada sahabatnya yang tengah merayakan ulang tahun, Tania Safira malah mengerjai sahabat semasa kuliah itu dengan sebuah video berdurasi hampir satu menit.

Di dalam rekaman itu, tujuh pemuda berbadan kekar dan bertelanjang dada pula memegang foto selfie sahabatnya. Sambil diiringi musik, mereka semua berjoget riang. Satu per satu di antara mereka bergantian menciumi foto sahabat Tania. Di akhir video singkat itu, tak lupa mereka mengucapkan ‘Selamat ulang tahun’.

Seperti yang sudah Tania duga sebelumnya, sahabatnya itu tak langsung percaya. Awalnya ia malah menduga rekaman itu tidak asli alias telah diedit. “Lucu banget ekspresinya. Dia kirain gue niat banget ngedit video sampe bisa sebagus itu. Katanya 'mana mungkin gue bisa kenal sama orang Afrika?'” cerita Tania. Ia masih tertawa geli jika kembali mengingat ekspresi tak percaya temannya itu.

Memang betul, Tania tidak punya koneksi dengan pemuda Afrika yang berada nun jauh di sana. Video nyeleneh ini ia buat menggunakan bantuan penyedia jasa ucapan ulang tahun dari berbagai negara. Ternyata bukan hanya Afrika saja, Tania bahkan bisa membuat video ucapan ulang tahun dari Thailand, Mesir, hingga Eropa.

Entah bagaimana tren video ucapan ulang tahun ini bermula, tapi Tania sering melihat video semacam ini nongol di landing FYP atau For You Page TikTok. Video ini semakin viral setelah sejumlah artis ikut menggunakan jasa pembuatan video ulang tahun ini. Seperti Atta Halilintar yang memberi kejutan kepada istrinya Aurel Hermansyah.

Salah satu video ucapan selamat ulang tahun yang dibuat @yourjoystudio
Foto: Dok @yourjoystudio

Keviralan ini lantas membawa berkah buat Irfan Lim, salah satu pemilik bisnis penyedia jasa ucapan ulang tahun dari berbagai negara. Bulan Mei lalu, laki-laki berusia 24 tahun asal Pontianak, Kalimantan Barat, ini baru saja mendirikan yourjoystudio.id. Di akun Instagramnya, @yourjoystudio.id , Irfan menyediakan jasa pembuatan ucapan dalam Bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Selama beberapa hari, Irfan bahkan sampai tidak tidur demi melayani permintaan yang masuk. “Banyak pelanggan baru, saya sampai kelabakan, kaget banget, nggak nyangka bakal sebanyak ini. Kadang tiba-tiba pukul 02.00 atau 03.00 subuh masuk orderan,” ucap Irfan. Saking banyaknya orderan, Irfan terpaksa meminta bantuan dari pacar dan adiknya. “Kita pernah rekor dalam sehari sampai nerima request sampai seratus video. Lumayan agak keteteran.”

Bisnis sampingan yang kini tengah ia jalani ini berawal dari sebuah keisengan dan niatnya ingin mencari penghasilan tambahan di samping usaha ekspedisi yang turut dijalankan keluarganya.

Irfan tidak mengenal siapa pemuda-pemuda Afrika itu. Ia juga bukanlah orang yang mempekerjakan mereka. Rupanya Irfan bekerja sama dengan seorang perantara di Afrika. Irfan mengaku, perantara ini adalah saudara jauhnya yang sedang tinggal di Cape Town, Afrika Selatan.

“Dari sini aku hanya koordinasi dengan saudaraku. Dia jadi penghubung aku dengan tim yang ada di Afrika sana. Nanti tim di Afrika yang akan handle pembuatan videonya,” tutur Irfan.

Selain laki-laki, ada pula kelompok perempuan di Afrika yang terlibat video ucapan selamat ulang tahun ke warga Indonesia 
Foto: Dok @yourjoystudio. 

Klien yang akan menggunakan jasa Irfan hanya perlu mengisi sebuah formulir berisi nama yang akan ‘dikerjai’, kata-kata ucapan, file berisi foto ‘korban’ dan pilihan musik yang akan digunakan. Selanjutnya tugas Irfan untuk membuat rekaman suara berisi pelafalan kata-kata ucapan untuk dikirimkan kepada orang Afrika di sana.

“Buat pelafalannya agak repot di awal, tapi sekarang sudah biasa. Kendalanya terkadang salah pengucapan atau salah musik. Tapi ke-handle semua, mereka di sana kerjanya profesional. Proses pengerjaan antara satu sampai maksimal dua hari selesai,” katanya. Pelanggan Irfan dikenai tarif mulai dari Rp 460 ribu untuk satu video.

Meski Irfan hanya menjalani usaha ini sebagai penghasilan tambahan, cuan yang dia dapatkan lumayan juga. Bahkan bisa melebihi usaha utama yang ia jalani. “Ada 'dua dijit' lah, tapi spesifiknya berapa kita nggak bisa kasih tau. Tapi tetap ekspedisi jadi core bisnis kita. Selama ini masih bisa dijalanin, ya, dijalanin dulu aja,” ungkapnya.

Melalui akun Instagram @ajudan.video, Marcel juga membuat jasa video ucapan ulang tahun serupa. Bisnis ini sudah ia jalani selama lebih dari satu tahun. Sebelumnya, lulusan Universitas Pelita Harapan ini menemukan video orang Afrika di sebuah website luar negeri. Ia lantas kepikiran untuk menghadiahi temannya dengan video ucapan dari Afrika.

“Saya lihat teman saya di Indonesia kan suka bingung kasih hadiah ulang tahun apa. Kan bosen kalau cuma barang. Kalau ini yang bicara manusia dan ini unik, uniqness-nya dapat banget. Terus saya lihat juga ada peluang di sini dan Puji Tuhan menghasilkan,” ucap laki-laki berusia 23 tahun ini. Nama @ajudan.video semakin dikenal setelah sejumlah selebgram di antaranya Awkarin dan Lula Lahfah menggunakan jasanya.

@ajudan.video melayani pembuatan video ulang tahun dari berbagai negara
Foto: Dok @ajudan.video

Konsep bisnis yang dijalani Marcel adalah sistem reseller. Marcel menjadi salah satu reseller dari sebuah agen yang ia sebut sebagai principal. Marcel tidak mengenal secara pribadi siapa pemilik bisnis ini dan bagaimana sistem kerjanya. Marcel hanya perlu mengirimkan data-data yang diperlukan untuk membuat video itu.

“Intinya yang punya juga bukan di Indonesia dan saya pun nggak tahu yang punya bisnis ini siapa pemiliknya. Selama ini saya komunikasi dengan Bahasa inggris. Saya juga nggak perlu tahu siapa mereka. Yang penting selama ini video yang saya request selalu dikerjakan dengan baik,” imbuh Marcel.

Dari sebuah tayangan video yang diunggah di YouTube BBC News Afrika, diketahui ada seorang imigran asal China yang menjadi sutradara sekaligus videografer di balik video ucapan ulang tahun dari Afrika ini. Namun, tidak diketahui apakah pria itu pula yang membuat orderan video untuk Indonesia. Video semacam ini tidak hanya viral di Indonesia, tapi juga di negara lain seperti Jepang, Singapura dan Malaysia.

Selain ucapan ulang tahun, Marcel juga sering menerima orderan untuk ucapan hari spesial yang lain seperti ulang tahun pernikahan, promosi bisnis, hadiah wisuda dan sebagainya. “Apa saja boleh asalkan tidak mengandung unsur SARA, tidak merendahkan talent atau orang lain. Itu kami sama sekali tidak mau terima,” ucap Marcel.


Penulis: Melisa Mailoa
Editor: Irwan Nugroho

***Komentar***
[Widget:Baca Juga]
SHARE