INTERMESO

Kisah Cinta Anak Presiden

'Gocekan' Sembunyi-sembunyi Mas Wali

“Kita semua tahu Selvi pacaran dengan Gibran sejak lama. Tapi Selvi itu sangat sederhana. Ia tidak pernah show off kalau dia calon mantu presiden.”

Ilustrasi: Edi Wahyono

Minggu, 21 Maret 2021

Kemunculan Selvi Ananda dalam pelantikan Gibran Rakabuming, suaminya, sebagai Wali Kota Solo pada akhir Februari 2021, begitu menarik perhatian. Gerak-gerik sampai pakaian yang dikenakan mantan Puteri Solo itu kembali menjadi perbincangan. Tak mengherankan jika publik selalu dibuat penasaran.

Sejak dekat dengan putra sulung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sampai menikah dan memiliki dua anak, Selvi jarang mengungkap kehidupan pribadinya. Selvi juga tidak memiliki akun media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Bahkan akun Instagram Gibran, @gibran_rakabuming, pun jarang memajang foto keduanya.

Seorang netizen yang penasaran pernah menanyakan perihal nama akun Instagram Selvi kepada Gibran. Pendiri usaha katering Chilli Pari itu pun menjawab dengan guyonan. “Punya, add aja @lalalalisa_m,” balas Gibran. Akun yang disebut Gibran bukanlah milik Selvi, melainkan punya Lalisa Manoban, member girl band Korea Selatan Blackpink.

Pasangan keluarga Istana ini memang kurang gemar mengumbar asmaranya di depan publik. Sejak awal mereka berpacaran, tak banyak orang yang tahu bahwa keduanya sedang menjalin kedekatan. Warga di sekitar rumah keduanya di Sumber, Banjarsari, Solo, pun tak pernah mendengar bisik-bisik mengenai hubungan Gibran-Selvi.

Kedua orang tua Gibran dan Selvi memang bertetangga. Jarak kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara hanya terpaut ratusan meter dengan rumah kontrakan keluarga Selvi yang sederhana di Jalan Kutai Gang VII Nomor 1. Seperti diberitakan CNN Indonesia, pertama kali diketahui Gibran mengajak Selvi menemaninya bermain futsal pada suatu hari pada 2009. Selvi menonton aksi Gibran menggocek bola melawan karyawan Chili Pari di lapangan futsal dekat rumah keduanya.

"Mungkin karena keduanya sama-sama sibuk bekerja. Kami saja tidak tahu bahwa Mbak Selvi adalah Puteri Solo, tahu-tahu mereka akan menikah," kata Septi, tetangga Gibran-Selvi, yang merupakan anak Sarbini, pemilik lapangan futsal tersebut.

Gibran dan Selvi di saat-saat menuju acara pernikahan
Foto: CNN Indonesia

Kendati keduanya bertetangga, Gibran dan Selvi bertemu perdana di ajang pemilihan Putera Puteri Solo (PPS) pada 2009. Waktu itu Selvi adalah peserta, sedangkan Gibran menjadi salah satu juri untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris para finalis Putera-Puteri Solo. Dan ternyata Selvi keluar sebagai pemenang. Gibran mengatakan Selvi memenuhi kriteria untuk menjadi pemenang.

Kebersamaan keduanya kembali terlihat di Singapura setahun kemudian atau pada 2010. Selvi, yang sibuk menjalani kehidupannya sebagai Puteri Solo, mengikuti Festival Chingay pada sekitar Februari 2010. Festival itu merupakan perhelatan tahunan untuk perayaan tahun baru China di Singapura. Selvi, perempuan kelahiran 9 Januari 1989, menjadi Duta Pariwisata mempromosikan wisata Solo.

Kebetulan waktu itu Gibran sedang menempuh pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Gibran menjumpai Selvi, dan di Singapura itulah ikatan cinta mereka mulai diikrarkan. Tepat beberapa hari setelah Hari Valentine, Gibran, yang terpaut usia 2 tahun lebih tua, menyatakan cintanya kepada Selvi. "Itu sebenarnya pengalaman membahagiakan. Pas di sana itu Gibran mau nembak (menyatakan cinta) Selvi. Momennya pas,” ujar Ning Wiyarti, rekan sekamar Selvi, saat di Singapura.

Ning merupakan salah satu penari Solo Batik Carnival. Bahkan ia sangat bersemangat mendandani Selvi agar terlihat makin cantik di kencan pertamanya dengan Gibran. Di mata Ning, Gibran dan Selvi adalah pasangan yang serasi. Hubungan mereka terus berlanjut, bahkan Gibran makin sering mendampingi kekasihnya itu selama menjadi Puteri Solo.

Tidak hanya membantu tugas Selvi sebagai Puteri Solo, pemilik bisnis martabak Markobar ini kerap meluangkan waktu untuk menjemput Selvi pulang kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Solo. Teman kuliah Selvi, Yunita Sofyana Dewi, sering melihat Gibran bertandang ke kampusnya selepas jam kuliah untuk menjemput Selvi.

Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa bersama istri setelah dilantik menjadi Wali Kota Solo
Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA Foto

Yunita juga bertemu dengan keduanya ketika bertandang di tempat ibu Selvi, Sri Partini, menggelar dagangan di Warung Bu Tin di kawasan Gladag Langen Bogan (Galabo). Paman Selvi, Prasetyo, membenarkan Gibran sering mendampingi keponakannya dalam acara-acara penting Selvi di kampus, seperti ujian skripsi dan wisuda.

Gibran juga menunjukkan rasa sayangnya kepada Selvi dengan mengantar dan menjemputnya saat kerja di Bank Panin. “Kita semua tahu Selvi pacaran dengan Gibran sejak lama. Tapi Selvi itu sangat sederhana. Ia tidak pernah show off kalau dia calon mantu presiden. Kita salut dengan pasangan itu,” kata salah satu rekan Selvi sebelum kedua sejoli itu menikah.

Gibran dan Selvi melangsungkan pernikahan pada 11 Juni 2015 di Solo. Keduanya telah dikaruniai dua anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Gibran saat ini tengah menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Solo 2021-2026 dan Selvi menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo.


Penulis: Melisa Mailoa
Editor: Irwan Nugroho
Desainer: Luthfy Syahban

***Komentar***
[Widget:Baca Juga]
SHARE