INTERMESO

Skincare Pun Wajib Buat Cowok

“Tiap orang yang punya kulit haruslah merawatnya karena kulit yang sehat menunjang penampilan”

Ilustrasi : Edi Wahyono

Selasa, 30 Juni 2020

Di antara begitu banyak perempuan yang menjadi skincare influencer di platform YouTube, sosok laki-laki hobi skincare tentu tergolong langka. Melalui akun YouTube yang sudah diikuti lebih dari 89 ribu subscriber, Danang Wisnu Wardhana berbagi informasi mengenai produk perawatan kulit atau skincare untuk pria. Padahal masih ada anggapan bahwa skincare diciptakan hanya untuk kaum hawa saja. Sehingga tak jarang pria enggan menggunakan produk perawatan wajah.

“Aku mau ajarin bagaimana caranya pakai sheet mask. Karena kamu tahu muka aku aneh. Proporsinya aneh dengan jidat super lebar dan pipi yang lebar juga ada kumis dan jenggot,” ucap Danang dalam salah satu video yang ia unggah berjudul 'Cara Pakai Sheet Mask Biar Pas'. Dalam channel ini pula Danang suka mengulas berbagai macam produk perawatan wajah.

Pria yang gaya bicaranya kental dengan logat Jawa ini bukan dokter kulit. Danang justru praktik sebagai dokter gigi di Ponorogo, Jawa Timur. Danang menyebut dirinya sebagai sosok yang hobi mencoba produk perawatan wajah. “Aku cuma cowok yang doyan nyobain skincare, dan kebetulan ada waktu buat belajar sedikit banyak tentang skincare, dan pengin sharing. Itu salah satu alasan aku bikin YouTube,” tutur ayah satu anak ini.

Danang berkenalan dengan skincare sejak usia belia. Tepatnya dari kelas 2 SD. Saat itu, ibunya sudah membiasakan Danang untuk memakai produk perawatan kulit, seperti menggunakan body lotion setelah mandi, pakai sunscreen saat hendak pergi ke luar rumah, dan menggunakan conditioner setelah keramas. Sementara ketika Danang duduk di bangku SMP, ia sudah mulai menggunakan milk cleanser sebelum tidur. Ia telah mengenal istilah double cleansing sejak SMP. Kebiasaan itu pun ia bawa hingga dewasa. Sejak kecil, Danang menganggap setiap orang wajib merawat kulitnya dengan baik. Tak peduli orang itu pria maupun perempuan.

Aku pun masih sering harus cari toilet terdekat untuk pakai lip balm saat bibirku kering setengah mati untuk menghindari ‘tatapan menjijikkan’ orang lain.”

Danang Wisnu Wardhana
Foto : Instagram

Skincare itu untuk merawat kulit. Tiap orang yang punya kulit haruslah merawatnya karena kulit yang sehat menunjang penampilan. Bukankan orang yang peduli akan penampilan lebih nyaman dipandang?” ungkap Danang.

Ia mulai lebih serius lagi mencari berbagai produk perawatan wajah yang tepat di tahun 2012. Saat itu, setelah menikah, wajah Danang tumbuh banyak jerawat. “Aku baru benar-benar nyari teori, ingredients-nya apa aja setelah menikah. Mukaku jerawatan luar biasa. Akhirnya ketemu satu produk yang cocok dan kondisi wajah aku jauh berbeda. Aku penasaran apa yang membuat produk ini merubah aku. Dari situ aku mulai nyari dan hunting,” tuturnya.

Di awal banyak yang mencibir menganggap skincare merupakan urusan perempuan. Seiring berjalannya waktu cibiran itu mulai berkurang. Ia melihat antusias pria terhadap skincare justru meningkat. “Sebenernya menurutku sudah banyak yang peduli akan skincare. Ditandai dengan maraknya skincare dan perawatan khusus cowok. Saat ada event atau acara skincare pun mulai banyak cowoknya, kok,” katanya. “Sebenarnya menurut saya sudah cukup terwakili. Sudah banyak cowok-cowok yang aktif dalam dunia skincare dan mereka semua serius dan berkompeten,” tutur Danang lagi.

Selain Danang, nama Stefan atau dikenal dengan akun Instagramnya @skinchemically juga merupakan skincare influencer. Dengan background-nya yang merupakan seorang biologist, Stefan kerap membahas mengenai bahan, formula dan efek skincare pada kulit. Ia juga kerap meluruskan mitos soal skincare. Ia juga masih merasakan risihnya mengenakan produk perawatan diri. Sehingga tidak jarang pria mengenakan skincare diam-diam. “Aku pun masih sering harus cari toilet terdekat untuk pakai lip balm saat bibirku kering setengah mati untuk menghindari ‘tatapan menjijikkan’ orang lain,” cerita Stefan dalam blognya Skinchemically.

Tak perlu ribet, bagi Stefan pria bisa memulai menggunakan skincare dengan langkah sederhana. Cleanse, moisturize, dan protect, tiga tahap yang menurut Stefan bisa dilakukan pria. “Karena pria cenderung menginginkan skincare routine yang praktis, pastikan bahwa produk yang kamu beli sudah memenuhi tugas tersebut. Sebuah face wash, sebotol moisturizer, dan satu tube sunscreen saja sudah cukup,” katanya.

Danang Wisnu Wardhana
Foto : Instagram

Pria yang baru memulai skincare juga tidak boleh terburu-buru memilih produk perawatan wajah. “Biarkan kamu terbiasa dan bisa berkomitmen menggunakan beberapa produk fundamental saja, dan mungkin suatu saat nanti kamu akan merasakan hasil yang positif sehingga mau naikin level skincare game-nya,” ucap Stefan.


Penulis: Melisa Mailoa
Editor: Irwan Nugroho
Desainer: Luthfy Syahban

[Widget:Baca Juga]
SHARE