INTERMESO

Di Tempat Ini
Corona Tak Ada

“Soalnya di sini kita bisa halu dan mewujudkan mimpi yang nggak kesampaian di dunia nyata.”

Foto: Game The Sims 4 (EA/Maxis via Kotaku)

Selasa, 19 Mei 2020

Saat ini seluruh negara tengah berperang melawan virus corona atau COVID-19. Untuk menghentikan penyebaran virus ini, peraturan lockdown dan pembatasan sosial sedang diberlakukan. Akibatnya banyak aspek kehidupan sosial yang berubah. PSBB yang diterapkan di Jakarta juga membuat Bobby Kurniawan pusing karena diminta diam di rumah.

Tapi setelah hampir dua bulan PSBB, Bobby menemukan tempat baru untuk melepas penat. Di tempat baru ini, orang-orang bisa beraktivitas seperti biasa, pergi ke sekolah bahkan bekerja. Virus yang berasal dari Wuhan, China itu pun tidak ada. Kehidupan baru yang Bobby temui ini bukan di dunia nyata, melainkan di dalam sebuah game simulasi kehidupan The Sims 4.

“Semenjak kampus mulai sekolah online, jadi sering buka PC dan malah ikutan main game The Sims 4. Gue tertarik karena teman-teman di kampus juga pada main,” ucap mahasiswa sebuah universitas swasta di Jakarta ini.

Tangkapan layar game The Sims 4 Bobby
Foto : Screenshoot

Gimana kalau gua pindahin keluarga gua ke dalam komputer. Di mana mereka bisa hidup normal seperti sebelum wabah ini melanda. Makanya gua main game The Sims 4. sebuah video game seperti kehidupan keluarga.”

Game The Sims pertama kali rilis pada tahun 1996. Game ini terus berkembang hingga meluncurkan The Sims 4 yang memiliki grafik tiga dimensi hingga menyerupai dunia manusia sungguhan. Game simulator yang dipasarkan oleh Electronic Arts ini dapat membuat karakter sendiri, membangun rumah dan meniru aktivitas manusia. Sejak Electronic Arts menggratiskan game The Sims 4 untuk platform PC di Origin, jumlah pemainnya pun melonjak.

“Biasanya kan kita harus bayar untuk beli gamenya. Mumpung lagi gratis dan disuruh di rumah aja, bosan dan butuh hiburan,” kata mahasiswa jurusan psikologi ini. Game The Sims 4 justru bikin Bobby ketagihan. “Soalnya di sini kita bisa halu dan mewujudkan mimpi yang nggak kesampaian di dunia nyata. Misalkan kayak punya rumah besar, beli baju, jadi artis, pacarin karakter mana aja yang disuka, intinya bisa menentukan apa yang kita mau sesuka hati,” tutur Bobby.

Di antara deretan artis yang ikut meramaikan game The Sims 4, ada nama Raditya Dika. Ia bermain game The Sims 4 dan kemudian diunggah ke akun YouTube. Raditya Dika juga membuat karakter dirinya di dalam video game tersebut dibuat hampir mirip dengan aslinya. Termasuk memboyong istrinya, Annisa Aziza, dan anak mereka Alinea Ava Nasution.

Gimana kalau gua pindahin keluarga gua ke dalam komputer. Di mana mereka bisa hidup normal seperti sebelum wabah ini melanda. Makanya gua main game The Sims 4. sebuah video game seperti kehidupan keluarga,” ucap Radit dalam video di YouTube berjudul Satu Keluarga Ngungsi ke Dalam Komputer. Content creator sekaligus aktor dan komedian ini bahkan menggunakan The Sims 4 untuk mengumumkan kehamilan istrinya.

Raditya Dika ketika bermain game The Sims 4
Foto : Screenshoot

Seperti kebanyakan orang saat ini, Tania Purba juga ingin ikutan memainkan game Animal Crossing. Mirip The Sims 4, game simulasi ini juga tengah naik daun. Namun karena tidak dapat memainkan game ini sehingga Tania beralih ke The Sims 4. “Game Animal Crossing harus dimainkan pakai Nintendo Switch sedangkan saya nggak punya dan kalau mau beli harganya lagi mahal banget. Bisa naik sampai dua kali lipat dari harga normal. Mungkin tunggu game ini udah nggak populer lagi baru saya beli,” jelas wanita yang bekerja sebagai freelance fotografer ini.

Walaupun tidak bisa menikmati Animal Crossing di Switch, Sarah mengaku ia masih tetap bermain game social simulation. “Sekarang aku jadi main game The Sims 4 aja di PC,” katanya.


Penulis: Melisa Mailoa
Editor: Irwan Nugroho
Desainer: Luthfy Syahban

[Widget:Baca Juga]
SHARE